Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Angka Pasung di Jateng Masih Tinggi

Kepala Seksi P2PTM Dinkes Jateng Arfian Nevi saat jadi pembicara di
diskusi Hari Kesehatan Jiwa Sedunia di Kantor Dinkes Jateng, Rabu (
10/10)
Semarang-Kepala Seksi P2PTM Dinas Kesehatan Jateng Arfian Nevi mengatakan sebanyak 400 orang yang ada di provinsi ini mengalami gangguang jiwa berat, dan terpaksa harus dipasung keluarganya karena dikhawatirkan akan mengganggu orang lain. Hal itu dikatakannya, di sela diskusi Hari Kesehatan Jiwa Sedunia di Kantor Dinkes Jateng, Rabu (10/10).

Menurut Arfian, masih banyak warga Jateng yang mengalami gangguan kejiwaan dan harus dipasung keluarganya. Hal itu dikarenakan, gangguan kejiwaan yang dialami sudah cukup akut.

Arfian menjelaskan, 400 orang yang dipasung di Jateng itu berdasarkan data per Juni 2018. Namun, dari jumlah itu sebagian di antaranya sudah dilepaskan dan mendapat perawatan secara intensif.

Oleh karena itu, jelas Arfian, Dinkes Jateng mengajak para lintas sektor di provinsi ini untuk membebaskan orang yang masih dipasung dan diupayakan perawatan secara maksimal. Sebab, persoalan pasung tidak hanya milik Dinas Sosial bekerjasama dengan Dinkes saja tetapi semua organisasi perangkat daerah (OPD) yang ada.

"Memang masih ada 400 orang di Jateng yang dipasung. Ini PR kita untuk membebaskan mereka. Bukan berarti dilepaskan begitu saja tanpa pengawasan, tapi juga harus dikendalikan dan diobati secara teratur," kata Arfian.

Lebih lanjut Arfian menjelaskan, gangguan jiwa akut atau berat harus ada pengobatan yang teratur dan tidak boleh dipasung.

"Permasalahan kesehatan jiwa di Indonesia dan Jateng harus ditangani secara sistemik, mulai dari keluarga hingga lingkungan sekitar," tandasnya. (K-08) 
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar