Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

BNN Optimalkan Pasca-Rehabilitasi Untuk Jauhkan Pengguna Kembali Konsumsi Narkoba

Personel BNN Provinsi Jateng saat mengamankan tersangka, terdiri
dari kurir dan bandar narkoba. 
Semarang-Direktur Rehabilitasi Medik Badan Narkotika Nasional (BNN) Brgjen Pol Budiyono mengatakan program rehabilitasi narkoba bagi para pengguna, merupakan penanganan yang sudah dirancang lebih komprehensif untuk menjauhkan para pemakai dari godaan narkotika.

Menurutnya, permasalahan penanganan narkoba sangat kompleks. Yakni, tidak hanya berhubungan dengan pecandunya saja tetapi juga sampai kepada keluarganya.

Oleh karena itu, jelas Budiyono, ia lebih menekankan pada penanganan pascarehabilitasi. Sebab, kecanduan narkoba merupakan penyakit kronis kambuhan.

"Kita memang ada standar-standar yang telah dibuat BNN untuk dilaksanakan seluruh penyelenggara layanan rehabilitasi, baik milik Polri atau Kementerian Kesehatan dan Kementerian Sosial. Ada standar yang dimulai dari asesmen dulu, kemudian rehabilitasi medis, sosial dan pascarehabilitasi. Ini yang paling penting. Sebab, kecanduan ini adalah penyakit kronis kambuhan yang penyebabnya tidak mau menghadap trigger," kata Budiyono saat kunjungan ke Semarang pekan kemarin.

Lebih lanjut, Budiyono, pascarehabilitasi yang dilakukan Polda Jateng selama ini sudah berjalan cukup baik. Divisi Sumber Daya sudah melakukan tugas dan fungsinya, untuk mengawasi personel Polri yang telah menjalani rehabilitasi.

"Program yang dijalankan kapolda Jateng sudah cukup baik. Kami dari BNN ada standar untuk penyelenggara layanan rehabilitasii medik," ujarnya.

Sementara itu, untuk pascarehabilitasi bagi pecandu masyarakat umum, lanjut Budiyono, bisa melibatkan aparat Bhabinkamtibmas untuk memantau dan mendampingi para pecandu.

"Di masyarakat ada layanan pascarehabilitasi yang dilakukan personel Bhabinkamtibmas. Mereka ini tugasnya untuk memantau dan mengawasi masyarakat yang sudah direhabilitasi," pungkasnya. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar