Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

BNPT Imbau Setiap Bandara Siap Siaga Antisipasi Ancaman Terorisme

Personel TNI membekuk seorang pelaku teroris dalam simulasi yang
dilakukan di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani mengenai
penanganan aksi terorisme, Rabu (31/10).
Semarang-Kepala Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT) Komjen Pol Suhardi Alius mengatakan setiap bandara internasional maupun domestik yang ada di Indonesia, harus siap siaga di dalam mengantisipasi ancaman terorisme. Hal itu ditegaskan, usai menggelar latihan penanganan aksi terorisme di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang, Rabu (31/10).

Menurutnya, tidak hanya instansi pemerintah dan penegak hukum saja tetapi juga masyarakat juga diimbau waspada terhadap aksi terorisme.

Suhardi menjelaskan, salah satu obyek vital yang rawan menjadi sasaran aksi terorisme adalah bandara. Sebab, di bandara banyak kerumunan orang dengan potensi korban cukup banyak. Salah satu kasus aksi teroris di bandara pernah terjadi di Belgia pada 2016.

Tidak hanya bandara, lanjut Suhardi, tetapi juga pelabuhan dan juga terminal. Sebab, lokasi-lokasi layanan publik menjadi tempat masyarakat berkumpul.

"Yang kita latihkan itu ada SOP yang sifatnya general, tapi juga ada spesifikasinya. Kita pernah latihan pada 2016 akhir di Bandara Soeta. Jadi, kalau bandara yang sibuk dan internasional perlu latihannya lebih besar lagi. Setiap bandara pasti punya SOP masing-masing," kata Suhardi.

Lebih lanjut Suhardi menjelaskan, bagi masyarakat lebih berhati-hati dengan proses pencucian otak yang dilakukan teroris menggunakan media sosial. Sehingga, masyarakat diminta melapor jika ada konten bermuatan terorisme di media sosial.

"Dengan kemajuan teknologi informasi digital, proses cuci otak bisa dilakukan melalui online. Selama di dalam ruangan ada sinyal, maka dia bisa memainkan cuci otak," jelasnya.

Oleh sebab itu, lanjut Suhardi, BNPT bersama instansi terkait sering turun ke masyarakat memberikan sosialisasi tentang bahaya penyebaran ideologi teroris. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar