Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Dinkes Jateng Klaim Warga Yang BAB Sembarangan Tinggal 12 Persen

Semarang-Dinas Kesehatan Jawa Tengah mengklaim, jika setiap tahun jumlah warga Jateng yang buang air besar (BAB) sembarangan terus mengalami penurunan.

Kepala Dinkes Jateng dr Yulianto Prabowo, M.Kes mengatakan penurunan jumlah warga yang BAB sembarangan itu tidak lepas dari upaya yang sudah dilakukan Dinkes kabupaten/kota melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk BAB di jamban sehat. Yakni, jamban yang dilengkapi septic tank.

Yulianto menjelaskan, upaya lainnya untuk meminimalkan jumlah warga BAB sembarangan dengan melakukan verifikasi Open Defecation Free (ODF) di 35 kabupaten/kota di Jateng. Sehingga, bisa diketahui rumah-rumah warga yang belum memiliki jamban.

"Kita di Jawa Tengah ini yang buang air besar sembarangan sudah mulai turun jumlahnya. Kalau tiga tahun yang lalu yang BAB sembarangan itu masih 40 persen dari penduduk Jawa Tengah, sekarang tinggal 12 persen. Setiap tahun semakin menurun jumlahnya. Jadi, kesehatan lingkungan kita harapannya semakin baik," kata Yulianto, baru-baru ini.

Lebih lanjut Yulianto menjelaskan, bila masyarakat Jateng sudah tidak lagi BAB sembarangan, maka lingkungan menjadi bersih dan bebas dari persebaran penyakit menular.

"Kalau masih BAB di sungai atau di kebun, itu kan mengotori lingkungan. Nanti muncul penyakit menular yang bisa mewabah," jelasnya.

Selain itu, lanjut Yulianto, rumah-rumah yang memiliki jamban juga harus masuk kategori jamban sehat permanen. Artinya, harus dilengkapi dengan septic tank.

"Kalau ada warga di satu lokasi kesulitan membuat septic tank karena mahal, maka bisa membuat santitasi komunal. Yaitu melalui sanitasi total berbasis masyarakat," tandasnya. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar