Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Ganjar: Relawan Jateng Yang Berangkat ke Palu Jangan Sampai Memberatkan Pemerintah di Sana

Gubernur Ganjar Pranowo menyalami para relawan yang akan berang-
kat menuju Palu, Sulawesi Tengah, Sabtu (6/10) kemarin. 
Semarang-Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan para relawan yang berangkat ke Palu, Sulawesi Tengah harus memersiapkan diri sebaik mungkin, sehingga tidak sampai merugikan warga atau pemerintah daerah setempat.

Menurutnya, para relawan asal Jateng yang berangkat ke Palu harus memiliki kemampuan untuk menolong dan mempunyai bekal cukup selama berada di lokasi bencana.

Ganjar menjelaskan, BPBD Jateng sebagai penanggung jawab lapangan akan berkoordinasi dengan tim relawan yang sudah ada di Palu. Sedangkan untuk proses pendataan para korban di Palu, para relawan diminta membawa buku saku untuk melakukan pencatatan dan hasilnya diserahkan ke posko induk milik BPBD Jateng dengan nama "Kampung Jateng" agar mudah dikenali. 

"Kadang banyak relawan yang datang kepada saya, pak tolong berangkatkan saya. Saya tanya, kamu bisanya apa, saya bisa apa saja. Saya bilang malah ngrepoti nanti, hanya bawa diri sendiri tanpa bekal pengalaman dan keterampilan," kata Ganjar, Senin (8/10).

Lebih lanjut Ganjar menjelaskan, tim relawan yang bertugas selama sepekan di Palu diimbau juga tetap mengutamakan keselamatan diri sendiri dan kesehatannya. 

"Jangan sampai setelah sampai di sana bukannya jadi tim penolong, malah yang ditolong," jelasnya.

Diwartakan sebelumnya, Pemprov Jateng mengirim 119 relawan ke Palu, Sulawesi Tengah pada Sabtu (6/10) pekan kemarin. Selain relawan, bantuan uang tunai, obat-obatan, makanan hingga tenaga kesehatan juga turut serta. 

Para relawan juga membawa misi selain menyelamatkan para korban, yaitu pembangunan 100 unit hunian sementara (huntara) bagi warga Palu yang kehilangan tempat tinggal. (K-08) 
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar