Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

BPOM RI Maksimalkan Pengawasan Penjualan Obat Ilegal di Medsos

Kepala BPOM RI Penny K. Lukito (tiga dari kiri) didampingi Sekda Jawa
Tengah Sri Puryono saat melihat pameran UMKM binaan BPOM RI,
Selasa (6/11).
Semarang-Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI Penny K. Lukito mengatakan pihaknya terus melakukan pengawasan, terhadap peredaran obat-obatan ilegal yang dipasarkan melalui jejaring media sosial atau online. Hal itu ditegaskannya, usai membuka lokakarya dengan tema "Efektivitas Pengawasan Obat dan Makanan Melalui Sinergisme Dengan Pelaku Usaha" di Hotel PO Semarang, Selasa (6/11).

Menurutnya, BPOM RI belum lama ini melakukan operasi tangkap tangan penjualan obat ilegal yang dilakukan secara daring di dua gudang di daerah Kebon Jeruk, Jakarta Barat, akhir Oktober 2018 kemarin.

Penny menjelaskan, meskipun dijual secara online, namun proses pengirimannya dilakukan menggunakan jasa layanan atau jasa kurir. Melalui jasa kurir tersebut, pihaknya mampu mengungkap praktik penjualan obat ilegal. Sebab, BPOM RI juga telah menjalin kerja sama dengan Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres Indonesia (Asperindo).

Oleh karena itu, jelas Penny, meskipun dijual secara online bukan berarti lepas dari pengawasan BPOM.

"Jadi kami juga untuk online secara khusus ada kerja sama dengan kepolisian, dan secara rutin kami juga punya unit kerja yang istilahnya cyber patrol untuk mengawasi. Terus, untuk website apabila diketahui ada hal yang mencurigakan karena mengedarkan obat tanpa izin kami bekerjasama dengan Kominfo," kata Penny.

Lebih lanjut Penny menjelaskan, pengungkapan penjualan obat ilegal tidak lepas karena adanya efektivitas pengawasan obat dan makanan sebagai bagian dari pembangunan kesehatan. Yakni, adanya sinergitas yang baik dari tiga pilar utama. Yaitu pemerintah, pelaku usaha dan masyarakat.

"Ketiganya harus sinergis untuk terwujudnya derajat kesehatan bangsa," tandasnya. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar