Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Gubernur Ajak Konsumsi Makan Untuk Cegah Stunting

Sejumlah santri di Ponpes Bugen Tlogosari sedang mengolah ikan
sumbangan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan belum lama ini.
Semarang-Masih banyak ibu hamil di Jawa Tengah yang ragu dan enggan, untuk mengonsumsi ikan. Alasannya, karena ikan amis dan banyak durinya.

Gubernur Ganjar Pranowo mengatakan sebenarnya mengonsumsi ikan juga menjadi alternatif, ketika harga daging naik. Bagi ibu yang sedang hamil, makan ikan sangat bagus bagi kesehatan janinnya. 

Menurutnya, makan ikan bagi ibu yang sedang hamil akan menjamin bayi sehat dan cerdas.

Ganjar menjelaskan, olahan ikan sekarang juga sudah cukup banyak. Sehingga, akan meningkatkan budaya gemar makan ikan bagi masyarakat. Terlebih lagi, Jateng tingkat konsumsi makan ikannya masih rendah bila dibanding nasional. Yakni 29,17 kilogram per kapita per tahun.

"Jadi, kalau kita melihat anak-anak kita, keluarga kita dan teman-teman kita, biasanya kalau harga daging tinggi mereka panik. Sebenarnya, ikan menjadi alternatif protein yang sangat bagus. Kebetulan, Jawa Tengah masih rendah konsumsi makan ikannya. Masih jauh di bawah target. Makanya, kita coba dukung. Termasuk olahan-olahan yang sekarang punya varian tinggi," kata Ganjar, Senin (26/11).

Lebih lanjut Ganjar menjelaskan, potensi ikan di Jateng sebenarnya cukup bagus dan hasil ikannya mampu memenuhi kebutuhan masyarakat di provinsi ini.

"Makanya, kita coba dorong sejak usia dini gemar makan ikan agar konsumsi per kapitanya terus meningkat," ujarnya.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Jateng Lalu M. Syafriadi menambahkan, potensi ikan tawar di provinsi ini sebanyak 456 ribu ton per tahun dan potensi tangkapan ikannya mencapai 386 ribu ton per tahun.

"Dengan produksi ikan sebanyak itu, sudah cukup memenuhi konsumsi masyarakat kita," ucap Lalu. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar