Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Harga BBM Naik, Sumbang Inflasi 0,30 Persen di Jateng

BPS Jateng menyebut jika kenaikan harga BBM menyumbang inflasi
pada Oktober 2018.
Semarang-Laju inflasi di Jawa Tengah pada Oktober 2018 sebesar 0,30 persen, dengan Kabupaten Cilacap tertinggi tingkat inflasinya mencapai 0,41 persen.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Jateng Bangun Widoyono mengatakan inflasi pada Oktober 2018 itu, diakibatkan kenaikan pada kelompok transportasi, komunikasi dan jasa keuangan sebesar 0,66 persen. Satu di antaranya adalah kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) pada pertengahan Oktober kemarin.

Menurutnya, tidak hanya kenaikan harga BBM yang mengerek tingkat inflasi Jateng tetapi juga beberapa komoditas lainnya. Di antaranya adalah angkutan udara, cabai-cabaian  dan semen.

Khusus untuk sumbangan kelompok transportasi, komunikasi dan jasa keuangan pada Oktober 2018, jelas Sentot, sub kelompok transportasi menyumbang 1,01 persen dan sub kelompok sarana penunjang transportasi sebesar 0,10 persen. 

"Inflasi pada bulan Oktober sebesar 0,30 persen. Penyumbang utamanya dari kelompok transportasi dari komoditas bensin, karena di bensin itu ada macam-macam jenisnya. Ada Premium, Pertamax, Pertalite dan Solar. Di situ ada kenaikan harga, dan ditambah komoditas lainnya semisal cabai rawit, jeruk dan semen," kata Sentot, Kamis (1/11).

Lebih lanjut Sentot menjelaskan, meskipun Jateng terjadi inflasi sebesar 0,30 persen, namun ada juga penahan laju inflasi. Yakni komoditas telur ayam ras, bawang merah, bawang putih dan daging ayam kampung.

"tingkat inflasi tahun kalender di Oktober 2018 terhadap Desember 2017 sebesar 2,13 persen. Sedangkan inflasi tahun ke tahun sebesar 3,15 persen," tandasnya. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar