Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Indonesia e-Fraud Watch Minta Pemerintah Siapkan Jaringan Kuat Untuk Gelar Seleksi CPNS

Gubernur Ganjar Pranowo saat menemui para peserta seleksi CPNS
2018.
Semarang-Permasalahan jaringan internet yang terganggu saat digelar seleksi CPNS 2018, lebih diakibatkan kelebihan beban karena tidak sesuai kapasitas.

Direktur Indonesia e-Fraud Watch Solichul Huda mengatakan kelebihan beban atau dalam istilahnya over capasity tersebut, karena bandwith yang disediakan tidak mampu menampung.

Menurutnya, jaringan internet di seleksi CPNS kemarin itu karena sistem jaringan tersentral di Badan Kepegawaian Nasional (BKN).

Huda menjelaskan, karena sistem jaringan tersentral, maka ketika di sejumlah daerah aktif bersamaan, maka akan mengakibatkan kelebihan beban. Sehingga, tidak hanya akses yang melambat tetapi risikonya jaringan langsung terputus.

Oleh karena itu, jelas Huda, jika akan menggelar seleksi CPNS berbasis jaringan internet, maka diusahakan menggunakan model layaknya Ujian Nasional (UN). Namun konsekuensinya, akan memerlukan waktu cukup lama.

"Ini sebetulnya asal masalahnya jaringan. Kalau jaringan kan ada yang namanya lebar pita atau brandwide yang merupakan media tempat untuk masuk dan keluarnya data. Di sini saya melihat semuanya langsung tersentral. Ketika pada akses, misalkan diuji dijalankan itu ternyata begitu sudah ada yang membuka, beberapa yang lain putus," kata Huda, Jumat (2/11).

Lebih lanjut Huda menjelaskan, khusus untuk Jawa Tengah karena pesertanya cukup banyak, seharusnya memiliki server lokal. Sehingga, bisa meminimalkan adanya gangguan jaringan internet.

"Untuk koneksi soal yang di pusat, baru nanti servernya lokal. Kalau bareng-bareng dengan server lokal, meski agak lambat tapi lancar," jelasnya.

Huda berharap, dengan penundaan tes di beberapa daerah bisa lebih diatur lagi kapasitas peserta ujian atau membatasi kuotanya. Sehingga, jumlah peserta bisa sesuai dengan kemampuan server. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar