Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Menristek Targetkan Motor Listrik Produksi Masal Januari 2019

Menristek Dikti M Nasir saat memberikan keterangan kepada media
usai memberi kuliah umum di Undip, Jumat (30/11).
Semarang-Sepeda motor anak bangsa berupa motor listrik dengan nama Gesits, akan segera diproduksi masal pada Januari 2019. Rencananya, motor Gesits akan dijual dengan harga Rp15 jutaan.

Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi M Nasir mengatakan motor listrik yang akan segera diproduksi masal itu, merupakan karya dunia pendidikan dan industri dalam negeri. Seluruh komponennya, diakui berasal dari dalam negeri dan menjadi motor listrik pertama di dunia yang melibatkan perguruan tinggi.

Menurutnya, motor Gesits itu itu merupakan perpaduan karya dari mahasiswa Institut Teknologi Bandung, Universitas Sebelas Maret Solo dan Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya.

Nasir menjelaskan, pada tahap awal produksi di tahun depan ditargetkan sebanyak 60 ribu unit selama setahun. Dengan asumsi, sekira lima ribu unit dalam sebulannya.

"Motor listrik ini sekarang sudah dalam tahap masuk industri, dan sudah dicoba bapak presiden di Istana Negara. Januari 2019 sudah produksi masal, dan harganya kompetitif di atas Rp15 juta sama dengan motor konvensional lainnya. Nanti, target pertama 2019 adalah 60 ribu unit dalam setahun," kata Nasir, Jumat (30/11).

Lebih lanjut Nasir menjelaskan, berdasarkan kesepakatan dengan Kementerian Perindustrian, seluruh instansi pemerintahan diminta bisa memanfaatkan motor Gesits tersebut. Sehingga, bisa menunjang operasional kerja pemerintahan.

"Nantinya, pemerintah menginisiasi semua instansi pemerintah bisa memanfaatkan motor listrik. Harapannya, masyarakat luas juga nanti bisa memakainya," ujarnya.

Diketahui, motor listrik Gesits merupakan buah dari PT Gesits Technologies Indo dan Institut Sepuluh November Surabaya. Sehingga, pemerintah memberikan kode perusahaan dan nomor identifikasi kendaraan. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar