Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Menteri BUMN Cek Kesiapan Tol Trans Jawa

Menteri BUMN Rini Soemarno (empat dari kiri) sebelum memulai per-
jalanan Ekspedisi Tembus Tol Trans Jawa, kemarin. Foto: ISTIMEWA
Semarang-Guna melihat kesiapan tol Trans Jawa yang akan digunakan saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) Menteri BUMN Rini Soemarno dengan ditemani Direktur Utama Jawa Marga Desi Arryani, melakukan espedisi tembus tol Trans Jawa dari Surabaya menuju Jakarta, Senin (12/11).

Menteri BUMN Rini Soemarno mengatakan dirinya ingin meninjau langsung, kondisi terkini proyek jalan tol Trans Jawa. Ada beberapa titik yang menjadi fokus dalam tinjauan tersebut, di antaranya adalah Jembatan Kali Kuto, Jembatan Kali Kenteng dan tempat rest area.

Menurutnya, terkoneksinya Pulau Jawa melalui jalan tol akan memberikan dampak positif bagi perekonomian. 

Ia menjelaskan, yang paling utama adalah menekan biaya logistik menjadi lebih murah karena akses transportasi lebih cepat dan efisien. Sehingga, akan menggerakan kegiatan perekonomian di daerah yang dilalui ruas tol Trans Jawa. 

"Tol Trans Jawa adalah jalur yang dinantikan lebih dari 20 tahun, karena memang sudah dicanangkan sejak lama. Tol Trans Jawa mulai dari Merak sampai Surabaya harus bisa diresmikan pada Desember 2018, hingga kemudian tersambung sampai dengan Banyuwangi. Saya berterima kasih sekali kepada Jasa Marga, Waskita Karya dan para BUMN Karya juga para kontraktor lainnya yang sudah bekerja keras," kata Rini sesaat sebelum memulai flag off Ekspedisi Tembus Tol Trans Jawa di Gerbang Tol Waru Gunung, Jalan Tol Surabaya-Mojokerto.

Dikutip dari rilis, dengan adanya jalan tol, lanjut Rini, lokasi-lokasi dekat pintu keluar masuk jalan tol akan berkembang cepat sebagai kawasan bisnis. Baik industri perdagangan, jasa keuangan dan perbankan serta sebagainya. Tol Trans Jawa juga akan meningkatkan pertumbuhan kawasan properti di sekitarnya.

Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani menambahkan, waktu tempuh Jakarta-Surabaya atau sebaliknya yang biasanya mencapai 20 jam perjalanan akan terpangkas dengan adanya Tol Trans Jawa. Yakni, waktu tempuhnya bisa berkurang menjadi 10-12 jam.

"Waktu tempuh menjadi lebih singkat berkat adanya Tol Trans Jawa. Dari Jakarta sampai ke Surabaya sekitar 800 kilometer, kalau dipacu dengan kecepatan 100 kilometer per jam mungkin hanya delapan jam. Tapi kan tetap perlu beristirahat pengendaranya, jadi ya bisa 10 sampai 12 jam lah paling lama," jelas Desi.

Diketahui, penyelenggaraan Ekspedisi Tol Trans Jawa ini merupakan inisiasi Kementerian BUMN bekerjasama dengan sejumlah BUMN. Sebelumnya, Kementerian BUMN juga telah melaksanakan Ekspedisi Tembus Tol Trans Sumatera pada akhir Agustus 2018 kemarin. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar