Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Pemkot Gandeng GO-JEK dan Blibli.com Wujudkan Semarang Smart City

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi berdialog dengan
salah satu pelaku UMKM di bidang kuliner yang ikut pe-
latihan di Balaikota.
Semarang-Pemkot Semarang sejak 2013 telah mencanangkan Semarang Smart City, dengan menghadirkan sejumlah  inovasi untuk mewujudkannya.

Guna menancapkan brand sebagai kota Smart City, pemkot menggandeng GO-JEK sebagai penyedia layanan on-demand berbasis aplikasi, dan Blibli.com salah satu e-commerce terbesar di Indonesia. Kolaborasi yang mencakup beragam sektor ini, ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) di Balai Kota Semarang, belum lama ini.

Wali Kota Hendrar Prihadi mengatakan bersama GO-JEK, pemkot mengkolaborasikan sektor transportasi, pariwisata dan UMKM. Sedangkan dengan Blibli.com, pemkot berupaya meningkatkan kapabilitas UMKM dengan meamanfaatkan e-commerce sebagai platform  untuk memerluas pasar ke seluruh Indonesia. 

Menurutnya, GO-JEK dan Blibli.com berkontribusi untuk menyelenggarakan pelatihan UMKM bagi 200 pelaku UMKM binaan Pemkot Semarang. 

"Keseriusan dan komitmen kami dalam menciptakan Semarang Smart City, kami wujudkan melalui pengembangan berbagai inovasi yang mengedepankan peningkatan kemudahan dan kepercayaan masyarakat. Kolaborasi dengan dua perusahaan berbasis teknologi, yaitu GO-JEK dan Blibli.com, merupakan bukti keseriusan dan komitmen yang kami wujudkan dalam bentuk public-private partnership," kata Hendi dikutip dari rilis.

Lebih lanjut Hendi menjelaskan, dengan bersinergi bersama dua perusahaan berbasis aplikasi itu akan memberikan manfaat bagi pemkot dan pelaku UMKM di Kota Semarang.

"Dalam mewujudkan smart city, kita tidak hanya membutuhkan teknologi aplikasi, tapi juga nilai tambah dan manfaat yang bisa dirasakan masyarakat. Maka, kami sangat senang dengan kehadiran GO-JEK dan Blibli.com di sini tidak hanya membawa inovasi teknologi, namun juga knowledge transfer yang bisa digunakan masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraannya," ujarnya.

Dirinya berharap, para pelaku UMKM bisa langsung mempraktikkan ilmu yang didapatkan dengan memasarkan, menjual, dan mengembangkan usahanya secara digital.

Sementara itu, VP Regional Public Policy and Government Relationz GO-JEK Damar Juniarto menambahkan, inovasi yang dihadirkan GO-JEK untuk masyarakat Kota Semarang merupakan bentuk dukungan GO-JEK di dalam ikut mewujudkan Semarang Smart City dan memberdayakan potensi UMKM di Kota Semarang.

GO-JEK, jelas Damar, siap membina dan membantu para pelaku UMKM di Kota Semarang dalam membekali diri kemampuan memanfaatkan teknologi digital. Sehingga, mampu meningkatkan skala bisnisnya dan bersaing di era digital.

"Kami melihat potensi besar yang sama dari para pelaku UMKM lainnya, untuk menjadi penggerak ekonomi. Komitmen kami adalah terus menghadirkan dampak sosial yang memberikan kemudahan kepada masyarakat, dalam menjalankan kegiatan sehari-hari melalui layanan ekosistem GO-JEK. Kami yakin, kehadiran inovasi teknologi akan bisa mewujudkan Semarang Smart City," jelas Damar.

Terpisah, SVP Merchant Sales, Operation and Development Blibli.com Geoffrey L. Dermawan menjelaskan, Kota Semarang memiliki potensi produk UMKM yang besar. Melalui penguasaan teknologi, bisa memerluas pemasaran dengan memanfaatkan e-commerce.

Menurutnya, Blibli.com memiliki kategori khusus untuk penjualan produk lokal bernama Galeri Indonesia, sehingga teman-teman UMKM Semarang memasarkan produknya ke seluruh Indonesia.

Blibli.com, jelas Geoffrey, juga telah menyiapkan fasilitas yang memudahkan UMKM berkembang bersama Blibli.com. Baik dari sisi teknologi, standar pelayanan ekstra bagi pelanggan, beragam metode pembayaran, dan fasilitas pengiriman bebas ongkir. UMKM juga tetap bisa memantau perkembangan bisnis, melalui aplikasi Merchant Tool Application (MTA) yang telah disediakan. 

"Ini wujud keseriusan Blibli.com dalam mendukung UMKM Indonesia. Blibli.com sebagai e-commerce berbentuk mall online yang didirikan anak bangsa, memiliki visi misi untuk memberdayakan Indonesia dengan mendorong produk lokal masuk ke dalam e-commerce," ucapnya. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar