Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Undip Buat Aplikasi Kalender Air Pasang

Banjir rob saat melanda Jalan Kaligawe beberapa waktu lalu dan me-
ngakibatkan jalur transportasi darat mengalami kemacetan.
Semarang-Pusat Kajian Mitigasi Bencana dan Rehabilitasi Pesisir (PKMBRP) Undip Semarang membuat aplikasi kalender air pasang atau rob, yang mampu memberikan informasi kepada masyarakat yang tinggal di wilayah pesisir langganan rob.

Peneliti senior PKMBRP Undip Denny Nugroho mengatakan aplikasi kalender air pasang itu dibuat, untuk memberikan informasi kepada masyarakat pesisir mengenai ketinggian air laut. Sebab, dampak dari air rob mengakibatkan kerusakan di daerah pesisir laut di Pulau Jawa.

Menurutnya, aplikasi yang berbasis Android itu sudah bisa diunduh secara gratis di Apps Store.

Denny menjelaskan, aplikasi kalender rob tersebut bisa menjadi semacam early warning system atau peringatan dini bagi masyarakat pesisir tentang air pasang. Sehingga, masyarakat yang tinggal di daerah kawasan pantai bisa melakukan antisipasi untuk keselamatan dan keamanan. 

"Fungsinya untuk melihat ketinggian air laut. Jadi, manfaat bagi masyarakat itu terutama masyarakat yang sudah langganan terhadap bencana banjir air pasang itu bisa memprediksikan kira-kira pada jam dan tanggal berapa akan ada banjir pasang atau rob. Sehingga, bisa diantisipasi. Jadi, kalau rob apa yang harus mereka lakukan. Misal memindahkan barang-barangnya," kata Denny, Minggu (4/11).

Lebih lanjut Denny menjelaskan, pihaknya saat ini sedang melakukan verifikasi data ke sekitar masyarakat Tanjung Emas Semarang sebagai pilot project.

Dengan mitigasi bencana sejak dini, lanjut Denny, maka masyarakat bisa semakin dimudahkan tentang informasi kebencanaan.

Sementara itu, Analis Cuaca Stasiun Maritim Ahmad Yani, Ganis Erucahyo memerkirakan jika kawasan Pantura Jawa Tengah mewaspadai peningkatan air pasang selama November 2018. 

Menurutnya, peningkatan rob pada November bisa mencapai 1,1 meter dan berpotensi memicu banjir ketika curah hujan tinggi.

"Masyarakat yang tinggal di daerah rawan rob, misal Kaligawe Semarang dan Sayung Demak, harus waspada sejak awal. Puncak maksimal rob akan muncul pada pukul 01.00 dini hari hingga 05.00 pagi," ucap Ganis.

Ganis memerkirakan, peningkatan air pasang akan terjadi merata dari ujung Kabupaten Rembang hingga Pekalongan dan sekitarnya. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar