Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Warmindo Semarang Pilah Sampah Plastik Untuk Didaur Ulang

Sampah-sampah dari warmindo dikumpulkan untuk dikirim ke bank
sampah, baik sampah bungkus mi instan, botol minuman maupun yang
berupa kardus.
Semarang-Ketua Paguyuban Warmindo Semarang Didi Suhidi mengatakan guna melestarikan alam dan mengurangi limbah sampah plastik, diperlukan kepedulian semua pihak untuk mengolah sampah sebelum dibuang ke tempat pembuangan akhir sampah (TPA). 

Menurutnya, limbah sampah plastik yang dihasilkan setiap warmindo bervariasi jumlahnya tiap bulan. Hal itu berdasarkan pada besar kecil warungnya, dan produksi sampah plastik yang dihasilkan.

Didi menjelaskan, rerata satu warmindo di Semarang bisa menghasilkan limbah sampah plastik antara 5-10 kilogram per bulannya.

"Satu bulan bisa sampai 45 kilogram dari beberapa cabang. Dari awal memang susah untuk memulai membiasakan memilah sampah pembungkus plastik, dan sudah bayar iuran sampah tiap bulannya. Tapi, berjalannya waktu mulai terbiasa. Di warung itu ada empat tempat sampah yang berbeda," kata Didi di sela peluncuran Program Green Warmindo di Patra Hotel and Convention, Kamis (1/11).

Sementara itu, Kepala Cabang Indofood CBP Divisi Mi Instan Cabang Semarang Devie Permana menyatakan, pihaknya bekerjasama dengan Yayasan Bintari untuk melakukan edukasi pemilahan limbah sampah plastik yang diproduksi warmindo. Dengan melibatkan warmindo untuk memilah limbah sampah plastik, maka akan terbangun circular economy dari sampah plastik untuk bisa didaur ulang.

"Dari Juli-September kita sudah lakukan di 33 warmindo. Dari tiga bulan uji coba, sampah plastik yang dikumpulkan antara 600 kilogram sampai satu ton. Itu limbah plastik yang sudah dipilah," ujar Devie.

Lebih lanjut Devie menjelaskan, untuk pilot project pemilahan limbah sampah plastik, pihaknya menetapkan wilayah kawasan Tembalang yang cukup banyak terdapat warmindo. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar