Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Yulianto: Lansia Yang Sehat Adalah Anugerah Semasa Muda

Kepala Dinkes Jateng Yulianto Prabowo mendampingi seorang warga
yang sedang melakukan cek kesehatan di Hari Kesehatan Nasional.
Semarang-Dinas Kesehatan Jawa Tengah dr Yulianto Prabowo, M.Kes mengatakan menjadi tua adalah pasti, tapi tua dan tetap sehat belum tentu semua orang bisa merasakannya. Hal itu dikatakannya di sela peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-54 di Kabupaten Demak bersama 500 lansia, Rabu (21/11) petang.

Menurutnya, agar para lansia tetap sehat dan produktif serta tidak menjadi beban keluarga dan masyarakat, maka kesehatannya harus terjaga dengan baik. Karena, sehat bagi para lansia adalah anugerah yang tidak didapatkan begitu saja.

Yulianto menjelaskan, lansia yang sehat sudah dimulai sejak balita hingga dewasa melalui perilaku hidup sehat.

"Pembangunan kesehatan kita ini kan dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Semakin derajat kesehatan meningkat, maka umur harapan hidup akan semakin panjang. Dan itu merupakan salah satu komponen indeks pembangunan manusia. Dengan demikian, apabila umur harapan hidup semakin meningkat, jumlah lansia semakin banyak," kata Yulianto.

Lebih lanjut Yulianto menjelaskan, agar pada saat memasuki usia lansia tetap sehat dan produktif, maka sejak muda harus rutin menjaga kesehatan dan rutin melakukan cek kesehatan.

Yulianto menyebutkan, penyakit degeneratif merupakan istilah medis yang menyebabkan kemunduran fungsi sel saraf tanpa sebab diketahui. Beberapa penyakit degeneratif di antaranya adalah obesitas, kolesterol, stroke dan penyakit jantung.

"Oleh sebab itu, sejak muda harus selalu berperilaku sehat biar saat tuanya masih sehat dan produktif," pungkasnya. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar