Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

BI Jateng Siapkan Rp4,6 T Kebutuhan Uang Tunai di Libur Akhir Tahun

Warga menunjukkan sejumlah uang saat melakukan penukaran uang
dalam pecahan kecil di mobil kas keliling milik KPw BI Jateng saat
liburan Lebaran lalu.
Semarang-Kebutuhan uang tunai di masa liburan, baik libur Lebaran maupun akhir tahun sangat diperlukan masyarakat. Terutama, yang melakukan perjalanan ke kampung halaman bertemu dengan sanak keluarga di rumah.

Guna memenuhi kebutuhan masyarakat akan uang kartal, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Tengah telah memproyeksikan jumlah kebutuhan uang tunai dari perbankan maupun masyarakat selama libur Natal 2018 dan Tahun Baru 2019.

Kepala Grup Sistem Pembayaran, Pengelolaan Uang Rupiah, Layanan dan Administrasi KPw BI Jateng Noor Yudanto mengatakan berdasarkan informasi dan pengajuan kebutuhan uang kartal dari perbankan yang ada di Jateng, maka pihaknya menyiapkan Rp4,69 triliun.

Menurutnya, kebutuhan uang kartal itu kebanyakan untuk pengisian di mesin anjungan tunai mandiri (ATM).

Noor menjelaskan, kebutuhan uang kartal tahun ini lebih banyak dibanding periode libur akhir tahun sebelumnya. Pada 2017, kebutuhan uang kartal mencapai 2,75 tiliun. Artinya, ada peningkatan kebutuhan uang kartal sebesar 70 persen.

"Bahwa untuk menyambut Natal dan liburan akhir tahun, BI KPw Jawa Tengah menyediakan uang kartal Rp4,69 triliun. Tahun ini proyeksi itu didasarkan pada kebutuhan perbankan. Mereka sekarang banyak mesin ATM bertambah. Kalau diambil secara makro, banyak dari infrastruktur sangat positif bagi perekonomian daerah setempat," kata Noor, kemarin.

Meningkatnya kebutuhan uang kartal di tahun ini, lanjut Noor, juga tidak lepas sudah tersambungnya jalan tol Trans Jawa yang diresmikan Presiden Joko Widodo pada 20 Desember 2018. Di samping itu, libur akhir tahun ini juga berbarengan di liburan sekolah.

"Jadi, liburan akhir tahun ini juga cukup banyak. Sehingga, masyarakat banyak memanfaatkannya untuk pulang ke kampung halaman atau mengisi liburan dengan mengunjungi tempat wisata," ujarnya.

Sementara itu, jelas Noor, kebutuhan uang kartal akhir tahun ini di seluruh Jateng-DIY jika ditotal mencapai Rp13,28 triliun. Rinciannya adalah KPw BI Jateng Rp4,69 triliun, BI Solo Rp1,70 triliun, BI Purwokerto Rp1,61 trilun, BI Tegal Rp2,91 triliun dan BI Yogyakarta Rp2,35 triliun. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar