Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Kemenhub Minta Jasa Marga Siapkan Jembatan Timbang Untuk Cegah Truk Over Muatan

Jalan tol Semarang-Batang ruas Kendal-Batang sudah dilewati dan di
buka secara resmi pertengahan Desember 2018 ini.
Semarang-Persoalan truk yang melebihi kelebihan muatan di jalan, masih menjadi pekerjaan rumah (PR) untuk merawat kondisi jalan tetap baik. Hal itu ditekankan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi di sela pra uji laik fungsi dan keselamatan lalu lintas di Kantor Jasa Marga Cabang Semarang, Jumat (7/12).

Budi Setiyadi mengatakan ada beberapa hal yang ditekankan dalam konektivitas jalan tol Trans Jawa setelah tersambung. Salah satunya menyangkut aspek keselamatan dan kenyamanan.

Menurutnya, berkaitan dengan aspek keselamatan di jalan tol, Kemenhub akan menindak truk yang kelebihan muatan.

Budi Setiyadi menjelaskan, Jasa Marga diminta menyiapkan lokasi khusus untuk jembatan timbang dalam rangka mengurangi kerusakan di jalan tol.

"Yang akan kita berikan sanksi tegas adalah kepada para pengemudi truk yang mungkin over dimention over loading. Jadi, nanti akan ada jembatan timbang juga di jalan tol. Kalau di Jakarta mutlak harus ada jembatan timbang, tapi di ruas jalan tol Trans Jawa nanti disesuaikan dipilih lokasinya," kata Budi.

Lebih lanjut Budi menjelaskan, tidak hanya mengenai penempatan jembatan timbang di ruas tol Trans Jawa saja, tetapi pengaturan lajur untuk truk akan diperketat. Jika selama ini truk berjalan di lajur satu dan dua, maka instruksi tegasnya adalah truk berjalan di lajur tiga dan empat.
 
"Selain itu juga truk-truk juga harus memasang striker pemantul cahaya. Jadi, kalau pas hujan lebat bisa terlihat. Itu sudah saya launching satu bulan yang lalu, dan saat ini sedang kita dorong agar semuanya bisa menjalankan itu di jalan tol," tegasnya.

Sementara itu, terkait dengan kesiapan ruas tol Trans Jawa menghadapi liburan Natal dan Tahun baru, Budi menyatakan sudah hampir siap 100 persen. Konektivitas antarkota di Pulau Jawa akan baik, dan mobilitas orang maupun barang bisa lebih cepat. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar