Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Pelabuhan Tanjung Emas Semarang Siap Layani Pemudik Saat Libur Nataru

Para calon penumpang KM Dharma Rucitra menaiki kapal yang akan
mengantar ke pelabuhan tujuan, Selasa (18/12).
Semarang-Memasuki libur akhir tahun yang berbarengan dengan liburan sekolah, biasanya dimanfaatkan masyarakat untuk pergi berlibur. Salah satu armada transportasi yang diminati masyarakat adalah kapal laut, karena masih dipandang sebagai alat transportasi aman.

Kasatgas Posko Angkutan Laut Pelabuhan Tanjung Emas Semarang Prihartanta mengatakan pihaknya siap untuk melayani para pemudik, yang akan pergi liburan dengan menggunakan kapal laut. Hal itu juga dilakukan, untuk mengatasi adanya kenaikan jumlah penumpang.

Menurutnya, untuk persiapan teknis pengangkutan penumpang sudah tersedia 10 armada kapal laut guna melayani masyarakat. Total kapasitas penumpangnya, bisa mencapai 5.700 orang.

Prihartanta menjelaskan, meski libur akhir tahun berbarengan dengan liburan sekolah, namun perkiraannya jumlah penumpang tidak sebanyak saat libur Lebaran. Bahkan, diperkirakan jumlah penumpangnya terjadi penurunan sekitar 3,9 persen.

"Memang dari jauh-jauh hari sudah kita persiapkan seperti tahun-tahun sebelumnya. Dari berbagai manacam armada, mulai dari Pelni, Dinas Perhubungan, ASDP dan maskapai pelayaran swasta. Totalnya ada 10 armada. Kalau kita lihat dari 2017-2018, kemungkinan menurun persentasenya sekitar 3,9 persen sampai lima persen," kata Prihartanta, Selasa (18/12).

Lebih lanjut Prihartanta menjelaskan,pihaknya juga bekerjasama dengan petugas TNI Angkatan Laut dan Dit Polair Polda Jawa Tengah serta kantor layanan kesehatan pelabuhan dan rumah sakit pelabuhan.

Sementara, GM Operasional dan Komersial Pelindo 3 Hardianto menambahkan, guna mengantisipasi banjir rob di wilayah Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, maka dilakukan upaya penanggulan. Termasuk juga, dengan menyiagakan sejumlah personel dan pompa penyedot.

"Antisipasi rob dengan membuat tanggul, utamanya di Kalibaru itu ditanggul. Ke depannya, Pelabuhan Samudera dan Nusantra akan ditanggul. Mudah-mudahan prediksi kami benar, kalau berkaitan dengan air pasang air tidak akan masuk ke pelabuhan atau terminal penumpang," ucap Hardianto. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar