Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Pemprov Jateng Berangkatkan 100 KK Transmigran ke Sumatera Barat

Gubernur Ganjar Pranowo memberikan pengarahan kepada para trans-
migran yang akan diberangkatkan ke Kabupaten Sijunjung di Balai
Transito Tugu Dinakertrans Jateng, Selasa (10/12).
Semarang-Pemprov Jawa Tengah memberangkatkan 100 kepala keluarga (KK) ke UPT Padang Tarok Sp. 1 Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat di Balai Transito Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Senin (10/12). Para transmigran yang diberangkatkan itu berasal dari 24 kabupaten di Jateng, di antaranya Kota Semarang, Kabupaten Brebes, Temanggung, Kota Surakarta dan Kabupaten Cilacap.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengatakan sebelum berangkat ke lokasi transmigrasi, sebelumnya calon transmigran mendapat pelatihan keterampilan kerja di Balai Besar Latihan Masyarakat Yogyakarta selama sepekan. Sehingga, ketika berada di lokasi transmigrasi bisa segera menggarap lahan yang diberikan pemerintah seluas dua hektare. Berupa tanah pekarangan lengkap dengan rumah tinggal, dan satu hektare lahan garapan.

Menurutnya, untuk satu tahun pertama di lokasi transmigrasi, pemerintah juga memberikan jatah hidup berupa sembako yang dibagikan tiap bulannya.

Ganjar berharap, transmigran asal Jateng bisa betah berada di lokasi transmigrasi dan mampu mengelola lahan yang disediakan.

"Mudah-mudahan akan bisa membantu mereka dengan masa depan lebih baik. Indonesia juga akan diisi keragaman dari berbagai daerah. Mudah-mudahan ekonomi mereka juga akan lebih baik, setelah ikut transmigrasi," kata Ganjar.

Sementara itu, Kepala Dinakertrans Jateng Wika Bintang menambahkan, pihaknya sudah memberikan pembekalan bagi kaum pria berupa  keterampilan pertanian dan perkebunan. Sedangkan kaum perempuan, dilatih mengolah hasil panen pertanian atau perkebunan.

Menurutnya, pemprov masih akan mengirimkan lagi calon transmigran ke Sumatera Barat dan Sulawesi dalam waktu dekat.

"Masih ada 41 KK yang akan diberangkatkan dalam waktu dekat. 20 KK di antaranya berangkat ke Sijunjung, Sumatera Barat dan sisanya ke Sulawesi. Nanti, sampai akhir Desember 2018 sudah tercapai 170 KK kurang lebih 700 jiwa," ucap Wika.

Wika menjelaskan, dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan monitoring kepada warga Jateng yang mengikuti program transmigrasi. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar