Selasa, 25 Desember 2018

Tol Trans Jawa Dibuka, Jumlah Penumpang di Bandara Ahmad Yani Berkurang

Sejumlah pesawat dari beberapa maskapai sedang parkir di Bandara
Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang.
Semarang-Presiden Joko Widodo meresmikan penggunaan tol Trans Jawa pada 20 Desember 2018, dan jalur Jakarta ke Surabaya melalui jalan tol telah tersambung. Masyarakat banyak yang memanfaatkan konektivitas jalan tol itu, untuk mengunjungi sanak keluarga di kampung halaman.

Dibukanya jalan tol Trans Jawa itu, ternyata juga memberi dampak pada berkurangnya jumlah penumpang pesawat yang turun atau naik di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang. Hal itu setidaknya diakui Communication and Legal Section Head PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang, Ahmad Danar Suryantono.

Menurutnya, terjadi penurunan jumlah penumpang sejak H-5 sampai H-1 Natal kemarin di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang. Hal itu terjadi, kemungkinan juga dampak dari dibukanya ruas tol Trans Jawa beberapa hari kemarin.

Danar menjelaskan, dampak lain menurunnya jumlah penumpang di bandara juga karena waktu libur Natal dan Tahun Baru ini berbarengan dengan waktu libur sekolah. Sehingga, masa liburnya menjadi lebih panjang.

"Prediksi kami sebelumnya terkait penambahan jumlah penumpang, karena tren perumbuhan jadwal penerbangan reguler Desember 2017 dibanding Desember 2018. Yakni sebesar 12 persen. Sampai saat ini, pertumbuhan penerbangan pesawat baru mencapai sembilan persen, ini juga karena beberapa jadwal reguler dibatalkan. Jadi, pergerakan penumpang yang berkurang itu karena beberapa faktor ikut berpengaruh. Sehingga, setiap pesawat juga tidak 100 persen terisi semua penerbangannya," kata Danar lewat pesan singkatnya, Selasa (25/12).

Lebih lanjut Danar menjelaskan, pada H-1 Natal kemarin untuk kedatangan pesawat domestik di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang ada 15 pesawat dan bila dibanding periode yang 2017 ada penurunan hingga 74 persen dari sebelumnya 58 pesawat. Sedangkan keberangkatan ada 20 pesawat, dan turun dibanding 2017 yang mencapai 58 pesawat.

"Kalau jumlah penumpang yang datang di H-1 kemarin itu ada 1.070 orang, turun dibanding tahun 2017 yang bisa mencapai 7.095 penumpang. Sedang keberangkatannya di 2017 lalu itu bisa 6.209 orang, sedang di H-1 Natal hanya 1.517 penumpang. Sehingga, dari H-5 sampai H-1 Natal total penumpang ada 2.901 penumpang dan pesawatnya ada 38 pesawat," tandasnya. (K-08)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar