Minggu, 11 Februari 2018

Pascabanjir Mangkang, PLN Normalisasi Jaringan Listrik

Seorang petugas PLN memerbaiki instalasi listrik di rumah salah satu
warga Mangkang yang tergenang banjir. 
Semarang-Usai banjir yang menerjang kawasan Mangkang Kota Semarang pekan kemarin, Tim Pelayanan Teknis PLN Rayon Semarang Barat langsunf bertindak cepat dengan melakukan normalisasi jaringan listrik. Salah satunya di wilayah paling terdampak banjir di Kelurahan Wonosari, Kecamatan Tugu. 

Manager PLN Rayon Semarang Barat Jaya Kurniawan mengatakan tidak ada hambatan ketika melakukan normalisasi jaringan listrik di wilayah Mangkang, karena pihaknya telah mengatur langkah antisipasi dan penanganannya.

"Kebetulan kami selalu melakukan koordinasi dengan berbagai unsur terkait, sehingga ketika muncul potensi kerawanan langsung cepat bertindak untuk mengamankan instalasi agar tindak membahayakan dan merugikan warga. Satu hari setelah banjir menerjang wilayah tersebut, sudah kami nyatakan clear dan ada penanganannya," kata Jaya dikutip dari rilis yang diterima kilas9.com

Ketua RW 07 Kelurahan Wonosari,  Mashudi menambahkan, di wilayahnya ada 215 rumah yang tergenang banjir. Bahkan, beberapa rumah instalasi listriknya terendam banjir dan dipenuhi endapan lumpur. 

"Tanggul Sungai Beringin yang jebol menyebabkan air langsung menuju perkampungan dan menggenang hingga 160 sentimeter. Meski air tidak lama, namun setelah surut meninggalkan lumpur setinggi 60 sentimeter dan menyulitkan aktivitas warga", ujarnya. 

 Saat ini, lanjut Mashudi, aliran listrik ke semua wilayah kampung sudah kembali normal. Beberapa kabel listrik yang rusak atau putus langsung dilakukan penggantian. (K-08)

Pelayanan Terminal Bandara Ahmad Yani Baru Akan Berbasis Digital

Sebuah pesawat pesawat bersiap lepas landaa di Bandara Ahmad Yani
Semarang dengan latar helikopter yang juga akan lepas landas. 
Semarang-Terminal Bandara Ahmad Yani Semarang yang baru akan siap melayani pemudik pada Lebaran 2018 nanti, karena di Mei diperkirakan sudah bisa digunakan.

Direktur Utama PT Angkasa Pura Faik Fahmi megatakan pada pengoperasian di Mei 2018 nanti, terminal baru nanti akan dilengkapi gedung parkir satu lantai, terminal kargo, masjid, gedung pertolongan kecelakaan penerbangan dan pemadam kebakaran.

Menurutnya, selama Lebaran hingga akhir 2018 bandara baru secara bertahap pengoperasiannya. Namun nantinya, bandara baru sudah bisa operasional pada awal 2019 dan konsep pelayanan di terminal baru akan berbasis digital. 

"Pengoperasian penuh Bandara Ahmad Yani dilakukan di awal 2019. Dengan beroperasinya terminal baru ini nanti, pelayanan kepada pengguna jasa dipastikan berjalan optimal dan nantinya pelayanan berbasis digital," kata Faik, Minggu.

Lebih lanjut Faik mejelaskan, pengembangan bandara baru senilai Rp2,07 triliun itu terdiri dari lima paket. Dua paket pekerjaan sudah selesai, sedangkan tiga paket lainnya dalam proses pengerjaan.

Sementara, Gubernur Ganjar Pranowo mengaku sering melakukan pemantauan secara rutin pekerjaan pembangunan bandara.

"Saya tidak tahu berapa presiden, berapa menteri yang mengawal ini. Yang saya tahu, tiga gubernur memulai ini. Dua senior saya, Pak Mardiyanto dan Pak Bibit, dan sekarang kelihatan hasilnya," ujarnya. (K-08)

Menhub Akan Wujudkan Pembangunan Bandara Wirasaba dan Ngloram

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (dua dari kanan) sebelum
topping off Bandara Ahmad Yani Semarang bersama Menteri BUMN
Rini Soemarno, Gubernur Ganjar Pranowo dan Direktur Utama Angkasa
Pura Faik Fahmi, Minggu (11/2).
Semarang-Kementerian Perhubungan siap menghubungkan setiap wilayah di Jawa Tengah, melalui konektivitas jalur udara. Salah satunya adalah pembangunan sejumlah bandara baru di provinsi ini.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan setelah selesai pembangunan dan pengoperasian Bandara Ahmad Yani Semarang, maka wilayah lain di Jateng yang dibidik untuk pembangunan bandara adalah Kabupaten Purbalingga dan Blora.

Menurutnya, kedua wilayah itu saat ini memang sudah memiliki bandara, namun belum dikembangkan menjadi bandara komersial. Oleh karena itu, agar konektivitas jalur transportasi udara masyarakat Jateng lancar, maka bandara di Blora dan Purbalingga akan dikembangkan.

"Secara teoritis, bandara itu akan ada dalam jangkauan kurang lebih 150-200 kilometer dari kota yang ada bandaranya. Bisa saya katakan di sini yang mungkin dibangun itu Blora dan Wirasaba. Wirasaba lagi proses, mungkin sebelum Lebarran akan segera kita mulai," kata Budi, Minggu (11/2).

Lebih lanjut Budi Karya menjelaskan, dengan penambahan dua bandara baru itu nanti, maka masyarakat Jateng akan semakin mempunyai banyak pilihan. Sehingga, akan memilih bandara yang lebih dekat dengan tempat tinggalnya.

"Wirasaba masih proses pengadaan tanah, dan kita ingin buat bandara komersial mandiri. Kalau yang di Blora baru perencanaan desainnya," ujarnya.

Dirinya berharap, dengan keberadaan sejumlah bandara komersial di Jateng akan semakin meningkatkan investasi dan perekonomian di provinsi ini. (K-08)

IM3 Ooredoo Siap Layani Komunikasi Jamaah Haji dan Umrah Asphurindo di Tanah Suci

Division Head Service Channel & Development at Indosat Ooredoo Maya
Hapsari Badjuri (kiri) dan Ketua Umum Asphurindo Syam Resfiadi, ber-
tukar cinderamata usai menandatangani kesepatan kerja sama layanan
komunikasi bagi jamaah haji dan umrah di Tanah Suci. 
Jakarta-Menjalankan ibadah di Tanah Suci bagi umat Islam merupakan impian dan keinginan semua orang. Agar komunikasi dengan keluarga di Tanah Air tetap tersambung, Indosat Ooredoo dengan IM3 Ooredoo-nya bekerjasama dengan Asosiasi Penyelenggara Haji Umrah dan In-Bound Indonesia (Asphurindo) siap menjaga komunikasi tidak terputus. 

Melalui kerja sama ini, IM3 Ooredoo memasarkan Paket Roaming Haji dan Umrah kepada calon jamaah dari berbagai travel penyedia layanan perjalanan haji dan umrah, yang bernaung di bawah Asphurindo.

 Acting Chief Sales and Distribution Officer Indosat Ooredoo Andri Pranata mengatakan guna mendukung layanan telekomunikasi selama di Tanah Suci, pihaknya bekerjasama dengan seluruh operator di Arab Saudi. Sehingga, secara otomatis pelanggan akan dilayani operator yang memiliki jangkauan terkuat dan terbaik. 

Pelanggan bisa dengan mudah menghubungi keluarga serta kerabatnya di Indonesia tanpa perlu mengganti kartu. Bahkan, pengaturan dan pemilihan operator secara manual juga bisa dilakukan, sehingga bisa tetap melaksanakan ibadah haji dan umrah dengan nyaman.

"IM3 Ooredoo memberikan solusi komunikasi hemat kepada jamaah Asphurindo yang melaksanakan ibadah haji dan umrah. Dengan Paket Roaming Haji dan Umrah terbaik dari IM3 Ooredoo, pelanggan tidak perlu khawatir dengan lonjakan tagihan saat mereka berada di Tanah Suci, jadi jamaah tidak terbebani dengan biaya-biaya tambahan lainnya," kata Andri dikutip dari rilis yang diterima kilas9.com

Andri menjelaskan, untuk bisa menikmati manfaat komunikasi jamaah haji dan umrah bisa memilih paket untuk kenyamanan beribadah selama di Tanah Suci. Misalnya paket nelpon dan SMS, paket internet ataupun paket kombinasi nelpon, SMS dan internet. "Semuanya dengan harga terjangkau, mulai dari Rp200 ribu dan berlaku ketika sudah sampai di Arab Saudi," ujarnya. 

Sementara, Ketua Umum Asphurindo Syam Resfiady menambahkan, pihaknya selalu berkomitmen untuk memberikan pelayanan penyelenggaraan haji dan umrah yang aman dan nyaman kepada jamaahnya. 

"Alhamdulillah, produk dan layanan komunikasi ibadah haji dan umrah dari IM3 Ooredoo memberikan kemudahan berkomunikasi bagi travel agent anggota Asphurindo beserta para jamaahnya," ucapnya. (K-08)

Belum Daftar JKN-KIS, Bisa Datang ke Kantor Dispendukcapil Kota Semarang

Seorang warga tengah mengisi formulir pendaftaran di
konter BPJS Kesehatan yang buka di kantor Dinas Kepen
dudukan dan Catatan Sipil Kota Semarang. 
Semarang-BPJS Kesehatan Cabang Utama Semarang terus memberikan kemudahan kepada masyarakat, untuk mendaftar sebagai peserta Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN KIS).

Setelah membuka drop box di sejumlah kantor kecamatan dan di mal atau pusat perbelanjaan, kini giliran kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Semarang bisa melayani pendaftaran JKN-KIS. Sehingga, warga yang mengurus kartu kependudukan juga bisa sekaligus mendaftarkan anggota keluarganya yang belum terdaftar. 

Kepala Bidang Perluasan Peserta dan Kepatuhan BPJS Kesehatan Cabang Utama Semarang Hardian Retno mengatakan bagi warga yang belum mengurus pendaftaran JKN-KIS, sekarang tidak perlu repot harus datang ke Kantor BPJS Kesehatan Cabang Utama Semarang. 

Menurutnya, warga bisa mengurusnya di Dispendukcapil. Karena, selain mengurus dokumen kependudukan juga bisa mendaftar sebagai peserta JKN-KIS.

"Jadi setiap Senin dan Rabu dari jam 08.00-14.00 WIB ada pegawai BPJS Kesehatan yang akan stay di kantor Dispendukcapil. Kami membuka layanan pendaftaran peserta JKN-KIS khusus untuk segmen peserta mandiri," kata Hardian dikutip dari rilis yang diterima kilas9.com.

Lebih lanjut Hardian menjelaskan, setiap warga yang akan mendaftarkan dirinya dan anggota keluarganya sebagai peserta JKN-KIS cukup melampirkan salinan kartu keluarga (KK), KTP elektronik dan rekening tabungan bank milik pemerintah. 

Dengan dipandu petugas jaga, jelas Hardian, warga bisa mengisi formulir yang sudah disediakan dan nanti akan mendapat nomor virtual account. Untuk pembayarannya bisa dilakukan maksimal 14 hari kerja, dan nanti kartu JKN-KIS akan dikirim ke alamat peserta. 

"Warga tidak perlu khawatir dan bingung bagaimana mengambil kartunya, kami akan mengirim kartu peserta ke alamat masing-masing demi memberikan pelayanan terbaik," pungkasnya. (K-08)