Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Berdayakan Masyarakat Sekitar, TBBM Boyolali Raih Proper Emas dari Kementerian LHK

Menteri LHK Siti Nurbaya (kiri) menyerahkan Proper Emas 2018 ke
perwakilan Pertamina TBBM Boyolali di Jakarta belum lama ini.
Semarang-Pertamina Terminal BBM (TBBM) Boyolali mendapat penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) berupa Proper Emas 2018, dan diserahkan langsung Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar di Jakarta.

Unit Manager Communication & CSR MOR IV Jateng DIY Andar Titi Lestari mengatakan beberapa upaya pengembangan masyarakat secara berkesinambungan yang dilakukan TBBM Boyolali pada 2018 kemarin adalah pembentukan workshop Sriekandi Patra, dan Integrasi Program Edukasi berbasis lingkungan (Campbell II Edupark).

Workshop Sriekandi Patra, jelas Andar, merupakan pembinaan pelatihan membatik bagi kelompok penyandang disabilitas, sehingga bisa berkarya dan mandiri. Dari kegiatan membatik, kelompok Sriekandi Patra mampu menghasilkan satu motif khusus dan sudah mendapat hak paten. Yakni batik motif Lembu Patra, dengan capaian omset hingga Rp50 juta selama 2018. 

"Raihan Proper dengan kategori Emas ini yang menjadi penghargaan kali pertama diterima TBBM Boyolali setelah enam tahun berturut-turut mendapat kategori hijau sejak 2012. Sehingga, pencapaian ini menjadi kado akhir tahun bagi TBBM Boyolali," kata Andar dikutip dari rilis.

Lebih lanjut Andar menjelaskan, pengembangan lainnya yang dilakukan TBBM Boyolali adalah Campbell II Edupark. Yakni, upaya TBBM Boyolali untuk memberdayakan kawasan yang semula berupa lahan kritis menjadi sumber penghasilan bagi desa dan warga sekitar.

"TBBM Boyolali memberikan program edukasi tentang tenaga hidrolik dari kincir pompa hidrolik, edukasi peternakan sapi hingga mengolah limbah kotoran sapi menjadi biogas. Serta, edukasi Zero Waste dengan mengolah sampah menjadi bahan bakar alternatif," ujarnya.

Pertamina MOR IV, jelas Andar, akan terus meningkatkan pengelolaan lingkungan dan memberdayakan masyarakat berkelanjutan untuk menciptakan kemandirian serta peningkatan kesejahteraan bagi masyarakat di sekitar unit operasi. Sehingga, pihaknya optimistis di tahun depan bisa meraih peringkat proper yang lebih baik. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar