Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Ganjar: Kartu Tani Jateng Bisa Bantu Petani Yang Butuh Pendampingan

Gubernur Ganjar Pranowo melihat komoditas cabai
merah yang akan dijual untuk ASN Pemprov Jateng.
Semarang-Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan kartu tani yang sudah diterapkan itu, merupakan solusi paling tepat untuk mengendalikan stabilitas harga dan komoditas pertanian. Karena, dengan kartu tani itu, pemerintah ikut campur tangan dalam pengendalian harga di pasaran.

Menurutnya, kartu tani tidak hanya berbicara soal pupuk saja tapi juga merupakan data aktivitas pertanian yang ada di Jateng.

Ganjar menjelaskan, dengan kartu tani yang sudah diterima para petani di provinsi ini bisa merekam aktivitas pertanian sejak pembelian bibit hingga masa panennya. Jika data pertanian itu terekam, maka bisa dipantau dan dikontrol harganya.

"Sebenarnya kartu tani saya itu tidak hanya sekadar cerita tentang pupuk, itu cerita para petani. Hari ini baru ketahuan kan, kawan-kawan maka saya tanya anda tanam apa, di mana, kapan, komoditasnya apa. Ini untuk ngecek, sehingga nanti tiga bulan ke depan saya bisa pantau, oh ada pemupukan di sana," kata Ganjar, Selasa (15/1).

Lebih lanjut Ganjar menjelaskan, dengan kartu tani maka tidak ada keluhan dari petani di lapangan. Termasuk, keluhan petani cabai yang merasa harga cabainya anjlok saat panen. 

"Ironisnya, ternyata banyak petani tidak tahu harga cabai di pasaran. Sehingga, mereka mau saja dibeli murah para tengkulak," jelas Ganjar.

Oleh karena itu, pemprov meminta para kelompok tani di Jateng wajib memasang aplikasi SiHaTi untuk mengetahui harga komoditas di pasaran. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar