Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Ganjar Minta Tol Bawen-Yogya Bisa Kembangkan Kawasan Wisata di Sekitar Exit Tol

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo (kanan) dengan Gubernur DIY Sri
Sultan Hamengkubuwono X, tampak serius sedang berbincang.
Semarang-Dua ruas jalan tol yang menghubungkan Jawa Tengah dengan Yogyakarta terus dikebut detail engineering design (DED), sehingga diharapkan bisa dilanjutkan pada tahap pembebasan lahan dan konstruksinya.

Kedua ruas jalan tol yang menghubungkan dua provinsi itu adalah tol Bawen-Yogyakarta, dan Solo-Yogyakarta.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengatakan jalan tol yang menghubungkan dua provinsi itu, diharapkan bisa memberikan dampak positif terhadap kedua wilayah. Terutama sektor ekonomi dan pariwisatanya.

Menurutnya, ia sependapat dengan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X yang meminta ruas jalan tol itu tidak mengganggu keberadaan situs atau cagar budaya.

Ganjar menjelaskan, yang terpenting dari kedua ruas jalan tol itu adalah keberadaan exit tol bisa untuk pengembangan kawasan wisata di sekitarnya. Yakni kawasan Candi Borobudur dan Candi Prambanan. Sebab, kedua kawasan itu merupakan kebanggaan dan ikon Jateng serta Yogyakarta. 

"Nanti kalau DED-nya sudah selesai, saya minta untuk paparan ke saya dulu. Karena apa, karena kemarin juga pak gubernur DIY menyampaikan hal yang sama jangan menerabas situs. Tol ini kan juga untuk mendukung pertumbuhan ekonomi, termasuk pariwisata. Sehingga, nanti yang sangat strategis adalah exit tolnya," kata Ganjar, Jumat (11/1).

Lebih lanjut Ganjar menjelaskan, dengan adanya aksesibilitas yang bisa diharapkan melalui exit tol itu, maka mampu menjangkau daerah wisata di sekitarnya. 

"Proyek nasional ini memang sangat bagus untuk mendukung perekonomian di Jawa Tengah dan Yogyakarta," ujarnya.

Diwartakan sebelumnya, jalan tol Bawen-Yogya mempunyai panjang 77 kilometer dimulai dari Ambarawa, Pringsurat, Magelang dan Mungkid untuk wilayah Jateng. Sedangkan di wilayah Yogyakarta melewati Bendung, Karangtalun, Minggir dan Sleman. Total investasinya sebesar Rp12,139 triliun. 

Sementara ruas tol Solo-Yogyakarta dengan panjang 54 kilometer itu, nilai investasinya sebesar Rp19 triliun. Khusus untuk ruas jalan tol Solo-Yogyakarta, akan ada bagian ruas yang melayang. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar