Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Desa Lolong Layak Dikembangkan Jadi Destinasi Wisata Unggulan, PLN: Cocok Untuk Wisata Air dan Sarana Olahraga Rafting

Para peserta mengikuti parade Festival Durian 2019 dengan memakai
pakaian wayang.
Semarang-Pelaksana tugas Manager Komunikasi Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Tengah-DIY Haris mengatakan Obyek Wisata Desa Lolong, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Pemalang layak dikembangkan menjadi destinasi unggulan yang ada di Jawa Tengah. Terutama wisata alamnya dengan potensi debit air sungai yang lumayan deras, bisa menjadi wahana olahraga rafting atau arung jeram.

Menurutnya, ada beberapa upaya yang bisa untuk pengembangan kawasan wisata di Desa Lolong tersebut. Salah satunya adalah pemanfaatan debit air sungai, yang bisa digunakan untuk olahraga pemacu adrenalin. Yakni rafting.

Haris menjelaskan, dengan semakin memberdayakan dan mengembangkan potensi obyek wisata di Desa Lolong, akan memberikan nilai ekonomi bagi masyarakat sekitar.

"Pengembangan ini tidak hanya meningkatkan ekonomi, tetapi juga diharapkan menjadi wadah para atlit rafting untuk mengembangkan keahlian mereka. Sehingga, berkompetisi secara nasional maupun internasional," kata Haris dikutip dari rilis.

Lebih lanjut Haris menjelaskan, PLN juga saat ini sedang merintis sekolah sungai untuk mengedukasi dan mengajak anak-anak sekitar Desa Lolong untuk menjadikan membaca buku sebagai budaya sehari-hari. Sehingga, lewat pembelajaran gemar membaca buku akan meningkatkan pengetahuan anak-anak di Desa Lolong.

Sementara itu, Bupati Pekalongan Asip Kholbihi menambahkan, saat ini untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di Desa Lolong, setiap tahun digelar Festival Durian. Festival yang diadakan setahun sekali itu, sukses menarik belasan ribu pengunjung dari berbagai daerah di Jateng. Terutama di sekitaran Kabupaten Batang, Pemalang, Kota Pekalongan dan bahkan Kabupaten/Kota Tegal.

Menurut bupati, yang dilakukan UID PLN Jateng-DIY patut mendapat apresiasi. Sebab, mampu menghidupkan potensi alam di Desa Lolong.

"Saya mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih sebesar besarnya kepada PLN, yang sudah berkontribusi secara aktif dan nyata memberikan sarana penunjang bagi tumbuh kembangnya wisata di Kabupaten Pekalongan. Terutama di Desa Lolong ini," ujarnya. 

Asip menambahkan, dengan berkembangnya objek wisata di Desa Lolong akan memberikan dampak yang positif terhadap pengembangan pariwisata di Kabupaten Pekalongan. 

"Desa Lolong sejak dulu memang terkenal akan keindahan alamnya. Selain itu, daya tarik Lolong juga ada pada komoditas durian. Dengan adanya bantuan dari PLN ini, secara signifikan memicu pertumbuhan ekonomi di Pekalongan yang dulunya sektor pariwisata persentasenya kecil, saat ini sudah meningkat," ujarnya.

Dalam rangka Festival Durian tahun ini dimeriahkan, dengan pembagian seribu buah durian gratis kepada para pengunjung. Selain itu, juga ada lelang dan parade durian yang diikuti seluruh kecamatan di Kabupaten Pekalongan. Saat parade Festival Durian, PLN menampilkan gunungan durian yang disusun secara menarik di atas perahu. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar