Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Pemprov Jateng Tawarkan Solusi Diskon Tarif Tol Trans Jawa Untuk Truk Logistik

Gubernur Ganjar Pranowo berikan solusi bagi sopir truk logistik yang
merasa tarif tol Trans Jawa mahal.
Semarang-Mahalnya tarif tol Trans Jawa yang saat ini ramai dibicarakan, membuat banyak pihak mengeluh dan memilih kembali menggunakan jalan nasional atau pantura. Namun, Pemprov Jawa Tengah memberikan solusi, agar para pengemudi truk logistik terutama merasa terbantu dan mendapat keringanan beban biaya.

Gubernur Ganjar Pranowo mengatakan pihaknya justru memberi dukungan untuk truk logistik, untuk diberikan diskon tarif khusus ketika melewati jalan tol Trans Jawa. Sehingga, para sopir truk logistik tidak keberatan dan proses pengiriman barang lebih cepat.

Menurutnya, apabila dibicarakan dengan sejumlah pihak yang berkepentingan dengan jalan tol Trans Jawa, maka akan ada solusi terbaik tercipta.

Ganjar menjelaskan, solusi yang bisa ditawarkan untuk saat ini adalah memberikan diskon khusus untuk pengemudi truk logistik saat melintas di tol Trans Jawa. Namun, bagi truk nonlogistik lainnya bisa memilih melewati jalur pantura atau memilih melalui jalan yang sesuai dengan kemampuannya. 

"Kalau sama-sama bisa berkompromi baik juga. Umpama untuk logistik tertentu dia bisa mendapatkan diskon logistik gitu, ya. Dan kemudian, kita mengontrol ODOLnya, over dimention over loading, sehingga sama-sama bisa awet. Kalau bisa bertemu pada satu titik kesepakatan, menurut saya itu menarik," kata Ganjar, Rabu (6/2).

Lebih lanjut Ganjar menjelaskan, pihaknya juga akan berupaya berkoordinasi dengan lintas sektoral mengenai persoalan tersebut. Sehingga, pertumbuhan ekonomi masyarakat tetap bisa tumbuh positif.

"Ke depan, mungkin perpindahan barang kita tawarkan menggunakan jalur kereta api dan pelabuhan. Ini tentu bisa lebih murah tarifnya, dan tentu saja bisa mengurangi kepadatan di jalan raya," ujarnya.

Diwartakan sebelumnya, sejumlah sopir truk logistik mengalihkan rute perjalanannya dari semula melintasi tol Trans Jawa kembali ke jalur pantura. Alasannya, karena tarif tol dinilai terlalu mahal.

Ketua Asosiasi Logistik Indonesia Zaldy Ilham Masita menyatakan, tarif tol dari Jakarta menuju Surabaya terlalu mahal hingga mencapai jutaan rupiah. Hal itu yang menyebabkan para sopir truk, kembali menggunakan jalur pantura.

"Tarif untuk kendaraan logistik seharusnya lebih rendah dibanding mobil pribadi. Saya raya, permasalahannya kalau untuk memermudah logistik, maka tarifnya harus lebih murah," ucap Aldy. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar