Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Pemprov Terus Kebut Penyelesaian Persoalan RTLH di Jateng Yang Setiap Tahun Terus Bertambah

Gubernur Ganjar Pranowo mengajak semua pihak untuk
keroyokan menyelesaikan persoalan RTLH di Jateng.
Semarang-Pemprov Jawa Tengah menyebut, jika rumah tak layak huni (RTLH) setiap tahun terus meningkat. Pada 2016, pemprov memerbaiki 3.601 unit dan di 2017 naik menjadi 20 ribu unit. Pada 2018 kemarin, jumlahnya juga naik menjadi 30 ribu unit.

Gubernur Ganjar Pranowo mengatakan pihaknya akan terus berupaya, dalam mengebut penyelesaian RTLH yang ada di provinsi ini. Sebab, persoalan RTLH di Jateng membutuhkan tindakan serius.

Menurutnya, pemprov akan terus mendorong dan menggerakkan sumber keuangan yang bisa dipakai untuk menyelesaikan persoalan RTLH.

Ganjar menjelaskan, salah satu sumber keuangan yang bisa dipakai untuk menyelesaikan persoalan RLH adalah Baznas. Sebab, dari total 1,6 juta unit RTLH yang ada di Jateng bisa terselesaikan jika semua pihak saling membantu. 

"Di Jawa Tengah ada 1,6 juta rumah tidak layak huni. Kalau dibagi APBN dan APBD provinsi serta kabupaten/kota tidak pernah selesai. Dengan CSR perusahaan juga tidak selesai. Memang ada wacana pakai Baznas juga bisa kita akselerasikan. Baznas lagi-lagi menjadi jurus jitu, dan menjadi solusi," kata Ganjar belum lama ini.

Ganjar lebih lanjut menjelaskan, dana dari Baznas sebenarnya juga bisa dialokasikan untuk menyelesaikan persoalan RTLH di Jateng. Sebab, pada 2018 kemarin saja zakat dari aparatur sipil negara (ASN) yang dikelola Baznas bisa terkumpul Rp31,7 miliar. Biasanya disalurkan untuk pendidikan, dan pengentasan kemiskinan hingga penanggulangan kebencanaan sesuai dengan syarat pentasharufan zakat.

"Untuk menyelesaikan persoalan RTLH juga bisa kan, wong ya buat umat juga," jelas Ganjar.

Rencananya, lanjut Ganjar, tidak hanya untuk RTLH, pengelolaan Baznas tahun ini juga bakal dimanfaatkan untuk pembangunan sumber daya manusia. Yakni, mendirikan SMK industri dan perdagangan. Selain itu, juga akan didirikan bank dengan skema peminjaman tanpa bunga bagi usaha kecil dan menengah. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar