Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Politik Kesehatan di Hulu Harus Dibenahi, Ganjar: Masyarakat Harus Mau Bergaya Hidup Sehat

Gubernur Ganjar Pranowo menyerahkan sertifikat ODF kepada sejumlah
daerah di Jateng di acara Rakerkesda Jateng 2019 di Hotel MG Setos,
Senin (25/3).
Semarang-Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan bergaya hidup sehat harus dimulai sejak dini, dan diajarkan kepada anak-anak ketika masih duduk di bangku sekolah taman kanak-kanak. Sehingga, budaya hidup sehat sudah tertanam di usia muda. Pernyataan itu dikatakannya ketika membuka rapat kerja kesehatan daerah (Rakerkesda) tingkat provinsi di Hotel MG Setos, Senin (25/3).

Menurutnya, pemerintah Jepang sudah sejak lama melakukan investasi kesehatan kepada masyarakatnya dan bangsa Indonesia harus bisa mencontohnya.

Ganjar menjelaskan, anak-anak di Jepang sejak dini sudah ditanamkan budaya hidup sehat. Bahkan, pemerintah Jepang memberikan peraturan yang ketat tentang kesehatan kepada masyarakatnya. Sehingga, orang-orang Jepang memiliki kualitas kesehatan yang jauh lebih baik dari warga negara lain di kawasan Asia terutama.

Oleh karena itu, jelas Ganjar, masyarakat Indonesia juga harus mau diajak bergaya hidup sehat dan menerapkan pola konsumsi sehat. Pemerintah menyediakan BPJS Kesehatan bukan mengharuskan masyarakat sakit, namun untuk upaya penjaminan warga ketika masuk rumah sakit tidak terbebani biaya.

"Kita perlu mengarahkan politik kesehatan ke hulu. Kalau ke hilir itu orang sakit dijamin BPJS, lalu merasa sudah dijamin BPJS biar sakit tidak apa-apa. Itu paradigma yang keliru. Sekarang dibalik, kita harus sehat maka jangan sampai sakit ke rumah sakit. Sederhana, maka cuci tangan sebelum makan pakai sabun, olahraga dan makan buah serta sayur. Tiga hal itu saja yang perlu dilakukan dan dibudayakan. Kalau sudah terbiasa, Insya Allah sehat. Nah, yang begini-begini sekarang kita ajarkan kepada mereka," kata Ganjar.

Lebih lanjut Ganjar menjelaskan, dengan Rakerkesda Jateng yang diikuti seluruh Dinas Kesehatan di seluruh provinsi ini bisa menghasilkan rumusan permasalahan kesehatan. 

"Tadi ada yang menyebut merokok, buang sampah sembarangan dan soal obesitas. Nah, mari dibahas bersama untuk menghasilkan solusi kesehatan bagi masyarakat Jawa Tengah," pungkasnya. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar