Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Dinkes: Ramadan Yang Diabetes dan Maag Harus Jaga Pola Makan

Yulianto Prabowo
Kepala Dinkes Jateng
Semarang-Pada saat bulan puasa, akan terjadi perubahan kebiasaan pola makan. Hal ini harus dipahami para penderita diabetes dan maag.

Kepala Dinas Kesehatan Jawa Tengah Yulianto Prabowo mengatakan pada saat puasa ini yang berpengaruh pada pola makan, harus diperhatikan bagi para penderita diabetes dan maag. Sehingga, makanan yang dikonsumsi pada saat puasa tidak membuat penyakitnya mengganggu ibadah puasa.

Menurutnya, para penderita diabetes dan maag harus bisa pandai menjaga makanan yang akan disantap. Termasuk, mengelola kebiasaan makan di saat sahur dan berbuka.

Yulianto menjelaskan, makanan yang disantap harus bisa disesuaikan dengan kondisi badan. Bagi para penderita diabetes, harus mampu mengurangi konsumsi makanan mengandung gula tinggi. Terutama makanan kolak ataupun makanan mengandung gula yang manis-manis. 

Penderita maag juga bisa mengatur makannya, agar ibadah puasa bisa lancar dan tidak terganggu.

"Kolak ini mengandung santan dan manis, bagi penderita diabetes harus hati-hati. Penderita maag juga harus bisa mengelola kebiasaan makan saat puasa. Untuk itu, saya imbau dalam memilih bahan makanan dan mengolah makanan harus benar-benar baik dan berkualitas," kata Yulianto belum lama ini.

Lebih lanjut Yulianto menjelaskan, selama menjalankan puasa juga disarankan untuk banyak minum air putih minimal dua liter setiap hari. Yakni ketika sahur, berbuka puasa hingga malam hari sebelum tidur.

"Kebutuhan air di dalam tubuh tetap harus diperhatikan, minimal dua liter per hari. Olahraga juga jangan lupa dilakukan, dan banyak makan buah dan sayur," pungkasnya. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar