Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Jasa Marga Siapkan Toilet Khusus Disabilitas di 14 Rest Area

Kendaraan pemudik melintas di Gerbang Tol Kali Kangkung ruas jalan
tol Semarang-Batang.
Semarang-Pada masa arus mudik balik Lebaran tahun ini, Jasa Marga menyiapkan 30 unit toilet khusus disabilitas yang disebar di 14 rest area. 

Corporate Communication Department Head Jasa Marga Irra Susiyanti mengatakan kondisi rest area sekarang ini sudah lebih baik, bila dibanding tahun sebelumnya. Namun, masih ada yang perlu dibenahi lebih lanjut sebelum arus mudik balik Lebaran dimulai.

Menurutnya, salah satu yang diperhatikan pada tahun ini di rest area adalah ketersediaan toilet khusus bagi penyandang disabilitas.

Irra menjelaskan, saat arus mudik dan balik kerap terlihat penyandang disabilitas mengalami kesulitan untuk menggunakan fasilitas toilet di rest-rest area tertentu. Oleh karena itu, dengan keberadaan toilet khusus disabilitas bisa menambah kenyamanan para pemudik yang ingin menuju kampung halaman ketika melewati jalan tol Trans Jawa. 

"Apa yang kami lakukan ini untuk memberikan kenyamanan kepada pemudik, terutama bagi penyandang disabilitas ketika berada di rest area. Sehingga, di beberapa rest area toiletnya kami buat agar penyandang disabilitas bisa menggunakannya," kata Irra dikutip dari rilis, kemarin.

Lebih lanjut Irra menjelaskan, tidak hanya menyiapkan fasilitas khusus di setiap toilet disabilitas, pihaknya juga menambah toilet-toilet di seluruh jalan tol milik. Terutama di sepanjang jalan tol Trans Jawa, dan menambah serta menempatkan petugas pengaturan parkir, keamanan dan kebersihan di rest area.

"Jasa Marga juga menerapkan manajemen rest area untuk meminimalisir kepadatan di rest area. Misalnya menerapkan sistem zoning, penyediaan informasi parkir melalui rest area monitoring system dan penambahan berbagai fasilitas seperti posko kesehatan dan tempat ibadah," jelasnya.

Diketahui, untuk rest area yang memiliki toilet khusus bagi penyandang disabilitas ada di rest area 88A tol Padaleunyi empat unit dan rest area 88B ada enam unit. Kemudian di rest area 360B tol Batang-Semarang ada lima unit, rest area di sepanjang tol Solo-Ngawi masing-masing satu unit dan rest area 597A tol Ngawi-Kertosono serta rest area 725A tol Surabaya-Mojokerto masing-masing satu unit. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar