Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Pembatasan Kendaraan Berat Melintas di Jalan Tol Bisa Kurangi Antrean di Gerbang Tol

Terlihat dua kendaraan berat melintas di Gerbang Tol Kalikangkung.
Semarang-Kementerian Perhubungan sudah mengeluarkan aturan tentang pembatasan operasi kendaraan berat, terutama yang melintas di jalan tol. Tujuannya, guna kelancaran arus mudik Lebaran 2019.

Direktur Utama Jasamarga Semarang-Batang Arie Irianto menyambut baik aturan itu, karena memang tujuannya untuk kelancaran arus lalu lintas selama mudik dan balik Lebaran tahun ini. Sehingga, antrean di gerbang tol tidak terlalu panjang karena truk-truk pengangkut barang lebih dari dua sumbu dilarang melintas di jalan tol.

Menurutnya, pembatasan operasi kendaraan berat melintas dimulai pada 30 Mei 2019 pukul 00.00 WIB sampai 2 Juni 2019 pukul 24.00 WIB. Kemudian, pembatasan dilanjutkan untuk arus balik pada 8 Juni 2019 pukul 00.00 WIB sampai 10 Juni 2019 pukul 24.00 WIB.

Arie menjelaskan, dengan pembatasan itu maka gerbang tol yang biasanya digunakan untuk transaksi kendaraan berat bisa dimanfaatkan semua untuk kendaraan pribadi atau golongan I.

"Untuk kendaraan berat sudah ada Permenhub Nomor 37 Tahun 2019, memang nanti akan dibatasi. Kendaraan berat berhenti beroperasi mulai tanggal 30 Mei sampai 2 Juni. Kendaraan berat dibatasi untuk tidak melintas di jalan tol," kata Arie, Jumat (24/5).

Arie lebih lanjut menjelaskan, untuk semakin memerlancar transaksi di Gerbang Tol Kalikangkung di ruas jalan tol Trans Jawa pihaknya mengoptimalkan seluruh gardu pembayaran yang ada. Bahkan, ketika masa arus mudik dari arah barat, maka gardu transaksi lebih banyak untuk kendaraan dari Jakarta.

"Kami juga menambahkan gardu satelit yang ditempatkan dua jalur paling ujung, dengan menempatkan enam gardu satelit. Selain itu, jika terjadi antrean di gardu pembayaran ada personel yang membawa mobile reader untuk membantu pembayaran tol," jelasnya.

Arie berharap, pada Lebaran tahun ini tidak terjadi antrean cukup panjang di gardu pembayaran di Gerbang Tol Kalikangkung. Sebab, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan perbankan untuk ikut membantu kelancaran transaksi di gerbang tol. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar