Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Pemprov Masih Tunggu Impor Bawang Putih Masuk Jateng

Dua pekerjaan sedang menurunkan muatan bawang
putih di kompleks MAJT relokasi Pasar Johar.
Semarang-Meski berangsur mulai turun harga, namun bawang putih masih menjadi komoditas yang langka di awal Ramadan ini. Tercatat, dari SiHaTi per 8 Mei 2018 kemarin harga bawang putih jenis kating Rp43 ribu per kilogram dan mengalami penurunan 8,63 persen. Sedangkan bawang putih jenis sin chung, harganya Rp37 ribu per kilogram dan masih ada kenaikan 4,84 persen.

Sekda Jawa Tengah Sri Puryono mengatakan sesuai dengan informasi dari Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jateng, harga bawang putih diharapkan bisa berada di angka Rp30 ribu per kilogram. Sehingga, upaya itu bisa tercapai ketika bawang putih impor sudah masuk semua ke Jateng.

Menurutnya, Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Jateng akan segera menyusun rencana setelah bawang putih impor masuk ke provinsi ini.

Sri Puryono menjelaskan, impor bawang putih memang menjadi kebijakan pemerintah pusat untuk mengendalikan inflasi selama Ramadan yang diakibatkan komoditas tersebut. 

"Bawang putih ini tampaknya belum masuk impornya ke Jawa Tengah. Dalam 1-2 hari ini kita akan lakukan rapat TPID, untuk menyikapi hal itu. Memang ini menjadi persoalan yang rutin tahunan. Bawang putih, bawang merah dan cabai itu menjadi PR kita. Kita akan mengubah kebijakannya itu, mulai dari hulu dan hilirnya. Artinya, perencanaan penanamannya harus benar," kata sekda, Kamis (9/5).

Sri Puryono lebih lanjut menjelaskan, apabila bawang putih impor telah masuk di Jateng dan membanjiri pasar-pasar tradisional, diharapkan kebutuhan masyarakat bisa terpenuhi. Sehingga, bisa untuk mengolah masakan selama Ramadan hingga Lebaran.

Sementara itu, bawang putih impor yang dijanjikan pemerintah pusat sebanyak 115 ribu ton masuk ke tiga pelabuhan di Indonesia. Yakni Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya sebanyak 84 ribu ton, Tanjung Priok Jakarta sebanyak 25 ribu ton dan Pelabuhan Belawan Sumatera Utara ada sekira empat ton. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar