Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Pemprov Tahun Ini Kembali Fasilitasi Warga Jateng di Jakarta Yang Mau Mudik

Sekda Jateng Sri Puryono menyebut tahun ini program mudik gratis
akan digelar kembali.
Semarang-Program mudik gratis yang dilakukan Pemprov Jawa Tengah, kembali digelar tahun ini. Warga Jateng yang tinggal di wilayah Jabodetabek bisa mendaftar, untuk ikut di program mudik gratis bersama pemprov.

Sekda Jateng Sri Puryono mengatakan untuk program mudik gratis dari Jakarta ke beberapa kota di Jateng ini, akan fokus pada tiga titik padat pemudik. Yakni wilayah Banyumas, Solo dan Semarang.

Menurutnya, hampir sama dengan tahun sebelumnya, pemprov menyediakan moda angkutan gratis kereta api, bus dan kapal.

Sekda menjelaskan, tahun ini direncanakan ada 207 armada bus dan tiga rangkaian kereta api serta sebuah kapal pelayaran. Sehingga, masyarakat Jateng yang kebetulan tinggal di Jakarta bisa pulang ke kampung halaman dengan suasana kebahagiaan.

"Kita dari provinsi juga memfasilitasi mengenai mudik gratis, dari Jakarta ke Jawa Tengah. Kereta api dari dirut KAI sudah memberikan fasilitas ke kita, dan dari pemprov ditambah pemkab/pemkot sementara ada 171 bus. Belum lagi yang dari dunia usaha ikut memberikan mudik gratis, pasti jumlahnya lebih besar lagi. Pokonya, pada intinya kita memberikan kenyamanan dan keamanan bagi pemudik. Nampaknya, kendaraan roda dua sudah mulai berkurang," kata sekda, Rabu (8/5).

Lebih lanjut Sri Puryono menjelaskan, untuk bisa mengikuti program mudik gratis Pemprov Jateng cukup datang ke Kantor Perwakilan Jateng di Jalan Prapanca II Nomor 11 Jakarta Selatan. Pendaftaran dibuka mulai 24 April 2019, hingga sampai kuota terpenuhi.

"Ini upaya kita dari Pemprov Jawa Tengah, untuk mengurangi angka pemudik yang menggunakan sepeda motor dari Jakarta pulang ke kampung halaman. Sepeda motor itu kan tidak disarankan untuk perjalanan jauh, maka kita sarankan memilih bus, kereta atau kapal," jelasnya.

Diketahui, Lebaran tahun ini ada 5,6 juta pemudik dari Jabodetabek masuk ke Jateng. Wilayah Jateng akan menjadi provinsi terbanyak, dalam menerima pemudik dari total 14 juta pemudik. Diperkirakan, masyarakat yang akan mudik memilih 31 Mei dan 1-2 Juni sebagai waktu ideal pulang kampung. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar