|

Hari Pertama Verifikasi Berkas PPDB Tingkat SMA di Jateng Lancar

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jateng Jumeri melihat saat
proses verifikasi sertifikat prestasi calon siswa di SMAN 1 Semarang.
Semarang-Tahapan verifikasi berkas pendaftaran peserta didik baru (PPDB) tingkat SMA di Jawa Tengah, pada hari pertama berjalan lancar tanpa kendala yang berarti. Hal itu dikatakan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jateng, Jumeri saat melakukan pemantauan PPDB 2019 di SMAN 1 Semarang, Selasa (25/6).

Jumeri mengatakan pada pelaksanaan PPDB 2019 di hari pertama berjalan lancar, hanya saja beberapa panitia PPDB 2019 di masing-masing sekolah mengalami kesulitan karena banyak calon siswa datang di hari pertama. 

Pada hari kedua, jelas Jumeri, kondisinya jauh lebih normal dan cenderung sepi dari antrean. Hanya beberapa calon siswa ditemani orang tuanya datang menyerahkan berkas, dan kemudian mendapatkan akun untuk mendaftar secara online mulai 1-5 Juli 2019.

Menurutnya, hal itu terjadi karena banyak siswa mendatangi sekolah di hari pertama karena masih banyak informasi yang simpang siur. Terutama, soal siapa cepat melakukan pendaftaran. Padahal, 24-28 Juni 2019 masih tahapan verifikasi berkas dan pengambilan akun pendaftaran saja.

"Secara umum lancar, mas. Hanya permasalahan terkni kecil-kecil dari kepanitiaan, mungkin belum mudeng sistem dan sebagainya. Tapi sudah kita jelaskan semua. Secara umum lancar, ya. Sebagian besar memang dari kemarin daftar atau verifikasinya, dan hari ini tinggal sisa-sisa. Mudah-mudahan nanti sampai 28 Juni sudah tuntas semua tidak ada satu pun calon siswa yang tidak tahu bahwa mereka harus hadir di saat verifikasi. Jangan sampai malah datangnya ke sekolah tanggal 1 Juli," kata Jumeri.

Lebih lanjut Jumeri menjelaskan, pihaknya juga tidak mendengar adanya kendala server. Sebab, PPDB online 2019 tingkat SMA di Jateng dibantu PT Telkom dan telah disiapkan 114 server.

"Intinya Jawa Tengah siap menggelar PPDB online 2019 ini, karena ada bantuan maksimal dari Telkom," jelasnya.

Sementara itu, terkait perubahan peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan (permendikbud) soal PPDB 2019 akan diikuti dengan revisi peraturan gubernur (pergub).

"Mudah-mudahan sore ini pergub turun, dan ditindaklanjuti dengan juknis yang baru. Jawa Tengah intinya taat dengan permendikbud," pungkasnya. (K-08)

Posted by kilas9.com on Selasa, Juni 25, 2019. Filed under , , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 komentar for "Hari Pertama Verifikasi Berkas PPDB Tingkat SMA di Jateng Lancar"

Leave a reply

Blog Archive

Recently Commented

Recently Added