Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Pemprov Jateng Akan Masif Kelola Sampah Dari Hulu Sampai Hilir

Peni Rahayu
Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda
Semarang-Persoalan sampah hampir terjadi di semua daerah dan semua bangsa, sehingga penanganannya harus secara masif dan profesional. Hal itu juga yang mendasari Pemprov Jawa Tengah, untuk mengatasi persoalan sampah sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan.

Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Jateng Peni Rahayu mengatakan untuk mengelola berbagai macam sampah, pihaknya akan secara masif memulainya dari hulu ke hilir. 

Menurutnya, gerakan pengelolaan sampah dengan memanfaatkan kemajuan teknologi juga akan dilakukan. Termasuk, dengan melibatkan rumah tangga sebagai salah satu bagian terkecil dari masyarakat yang ikut menyumbang sampah.

Peni menjelaskan, pemprov akan menginisiasi adanya kongres tentang sampah untuk tingkat nasional. Sehingga, nantinya persoalan sampah berikut solusi penanganannya bisa diwujudkan bersama.

"Kita ke depan akan memerangi sampah. Kita tahu bawah, sekarang budaya orang membuang sampah itu masih belum bisa memberikan contoh yang baik. Kita akan melakukan terobosan, bahkan kita diminta membuat kongres sampah. Untuk sampah ini, kita ingin menjadi inisiator dari gerakan bagaimana kita gerakan membuang sampah. Jadi, sampah atas arahan bapak gubernur, kita akan secara masif dari hulu," kata Peni baru-baru ini.

Lebih lanjut Peni menjelaskan, peran serta masyarakat sangat dibutuhkan di dalam upaya penanganan persoalan sampah. Karena, masyarakat juga bisa dilibatkan untuk mengelola sampah menjadi sumber energi.

"Dengan teknologi yang ada, sampah bisa diolah menjadi energi. Kan potensi sampah luar biasa, sehingga ini bisa dimanfaatkan," jelasnya.

Namun demikian, lanjut Peni, yang terpenting saat ini adalah mengubah perilaku masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan. Di samping itu juga, memilah sampah yang bisa didaur ulang atau langsung dibuang ke tempat sampah. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar