Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Soal Kasus Keracunan Masal di Wonogiri, Dinkes Jateng Masih Tunggu Hasil Lab

Yulianto Prabowo
Kadinkes Jateng
Semarang-Kepala Dinas Kesehatan Jawa Tengah Yulianto Prabowo mengatakan sampai dengan saat ini, pihaknya masih menunggu hasil pemeriksaan dari laboratorium terkait kasus keracunan masal di Kabupaten Wonogiri akhir Mei 2019 kemarin. 

Pihaknya juga belum bisa memastikan, jenis kuman yang menyebabkan warga Wonogiri itu mengalami keracunan makanan secara masal. Namun demikian, sampel makanan dan sisa makanan sudah dikirim ke laboratorium untuk diperiksa lebih lanjut.

Menurut Yulianto, pihaknya mencurigai keracunan itu akibat dari salah satu bahan makanan yang digunakan tidak bersih dan tidak berkualitas.

"Memang bahan yang dicurigai ini sudah kita temukan, namun demikian penyebab pastinya kita belum bisa pastikan. Sudah diperiksa laboratorium, tapi kita masih menunggu hasil penyelidikan selanjutnya apa karena kuman atau karena penyebab lainnya. Yang dicurigai ada bahan makanan yang tidak sehat, antara lain adalah acarnya itu yang dicurigai," kata Yulianto, Sabtu (15/6).

Lebih lanjut Yulianto meminta kepada masyarakat, agar mengolah makanan secara benar dan sesuai dengan kaidah kesehatan. Terutama, saat memasak dalam jumlah besar.

"Pilih bahan makanan yang berkualitas, bersih dan segar. Terus, saat mengolah juga harus diperhatikan higienitas makanan sebelum disajikan," jelasnya.

Diketahui, Dinas Kesehatan Wonogiri menetapkan kasus keracunan masal ayam kremes di Baturetno sebagai kejadian luar biasa (KLB). Tercatat, ada 93 warga yang menjadi korban dan satu di antaranya meninggal dunia.

Kasus keracunan masal itu bermula, saat acara kenduri memeringati 40 hari meninggalnya anggota keluarga Edi Mukhayat di Dusun Duwet Kidul, Desa Baturetno akhir Mei 2019 kemarin. Warga menyantap nasi kotak berisi menu ayam kremes, lalapan dan sambal. Selain itu juga ada snack sosis basah, kroket, lemper ketan, kerupuk dan jeruk. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar