Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

BPBD Jateng Kirim Air Bersih Untuk 4 Kabupaten Yang Alami Kekeringan

Warga Balerante Klaten antre mendapatkan air bersih sumbangan dari
Pemprov Jateng.
Semarang-Musim kemarau pada tahun ini, tercatat ada belasan kabupaten/kota di Jawa Tengah yang melaporkan terdampak kekeringan dan kekurangan air bersih. Sehingga, banyak warga yang membutuhkan pasokan air bersih.

Pelaksana Harian BPBD Jateng Sudaryanto mengatakan ada 14 kabupaten/kota sudah melaporkan kekurangan air bersih, dan baru empat kabupaten yang meminta bantuan ke provinsi. Keempat kabupaten itu adalah Boyolali, Temanggung, Klaten dan Pati.

Menurutnya, keempat kabupaten itu sudah tidak mampu lagi untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi warganya.

Sudaryanto menjelaskan, bagi kabupaten/kota yang memang dana tanggap daruratnya sudah habis atau kurang bisa mengajukan permohonan ke BPBD Jateng. Permohonan bantuan air bersih itu diajukan bupati/wali kota setempat, dan ditujukan kepada gubernur Jateng.

"Diprediksi BMKG kan ada 31 kabupaten/kota, 360 kecamatan dan 1.259 desa. Yang minta air ada 10 kabupaten/kota, dan sekarang sudah bertambah menjadi 14 kabupaten/kota. Ada Blora dan Grobogan, itu di antaranya. Provinsi Jawa Tengah pada tahun ini kan menganggarkan Rp320 juta untuk seribu tangki, tapi sampai hari ini baru ada empat yang minta bantuan. Boyolali, Temanggung, Klaten dan Pati," kata Sudaryanto, Jumat (12/7).

Lebih lanjut Sudaryanto menjelaskan, untuk tahun ini pihaknya telah menganggarkan Rp320 juta pengadaan seribu tangki air bersih.

Terpisah, Gubernur Ganjar Pranowo menyatakan siap membantu kabupaten/kota yang memang kesulitan menyalurkan air bersih kepada warganya karena kekurangan dana tanggap darurat.

Bahkan, pemprov akan mengupayakan penyedotan sumber air bersih di daerah yang dilanda kekeringan sebagai langkah jangka panjang mengatasi kekeringan di wilayah tersebut.

"Silakan desa yang memang langganan kekeringan dan ada sumber mata air tapi kesulitan menariknya, bikin proposal diajukan ke provinsi. Dihitung berapa biayanya, nanti biar gubernur dan bupati yang ngurus," ujar Ganjar di sela penyaluran air bersih bagi warga Balerante, Klaten, kemarin.

Sementara itu, penyaluran bantuan air bersih yang dilakukan Gubernur Ganjar Pranowo disambut antusias masyarakat. Mereka berbaris antre, dengan membawa ember untuk mendapat giliran jatah air. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar