Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Dekopin Dorong Koperasi Sudah Bisa Terapkan Aplikasi Digital

Sekien Dekopin Moch Sukri (tiga dari kiri) bersama Kepala Dinkop dan
UMKM Jateng Ema Rachmawati (dua dari kiri) menjadi pembicara di
acara HUT Koperasi di Studio Mini, Selasa (2/7) malam.
Semarang-Dalam upaya mengikuti perkembangan zaman dan memudahkan masyarakat anggota koperasi, Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) mendorong seluruh koperasi di Tanah Air, sudah bisa menerapkan teknologi digital di era revolusi industri 4.0.

Sekjen Dekopin Moch Sukri mengatakan kemajuan teknologi digital sekarang ini, juga harus diikuti koperasi-koperasi di Indonesia dan sudah dimulai pergeseran paradigma reformasi total koperasi di era revolusi industri 4.0. Sehingga, koperasi-koperasi di Indonesia harus menerapkan teknologi digital.

Menurutnya, Dekopin saat ini sedang mengintegrasikan koperasi di seluruh Indonesia menjadi sebuah kekuatan permodalan untuk bersaing dengan perusahaan-perusahaan besar.

Sukri menjelaskan, koperasi di Indonesia yang sudah menerapkan teknologi digital saat ini baru 25-30 persen saja. Sehingga, koperasi yang lain didorong untuk segera berbenah untuk mengejar ketertinggalan.

"Sangat mendesak, dan persaingan itu tidak bisa ditunda. Mungkin sebuah keniscayaan, bukan hanya persaingan dalam negeri tapi juga luar negeri akan masuk. Saya dapat informasi teman-teman koperasi yang di Malaysia, Angkasa akan berinvestasi di Indonesia. SDM kita juga nanti akan distandarisasi dan disertifikasi, khususnya level manajer. Dekopin kerja sama dengan lembaga sertifikasi negara, yaitu BNSP," kata Sukri usai menjadi pembicara dialog interaktif tentang HUT Koperasi di Studio Mini Jateng, Selasa (2/7) malam.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Jateng Ema Rachmawati menambahkan, era teknologi digital sekarang ini tidak bisa ditolak lagi. Para pelaku koperasi di Jateng juga harus bersiap dan memersiapkan diri, sehingga mampu menjawab kebutuhan zaman.

"Kami melihat sebenarnya mereka sudah bergerak ke arah digital, meskipun belum 100 persen. Hanya yang sudah 100 persen digital baru ada 1-2 koperasi, itu di Kota Pekalongan dan Kabupaten Rembang. Mulai dari anggotanya sampai pengurusnya pegang handphone Android, sehingga bisa berbisnis antara anggota dengan koperasinya," ujar Ema.

Pada tahun ini juga, lanjut Ema, ada 19 koperasi di Jateng yang siap menerapkan sistem digitalisasi. Terutama, koperasi yang ada di bawah wewenang Dinkop dan UMKM Jateng.

"Nanti kami juga ada dashboard, untuk mengontrol koperasi yang sudah digital. Misal melihat neraca dan transaksinya dari kantor, tidak perlu datang langsung ke koperasi," tandasnya. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar