|

Gelar Seminar Nasional Tentang Kebudayaan, Undip Undang Puan Maharani

Rektor Undip Yos Johan Utama (tengah) menyampaikan tujuan diada-
kan seminar nasional yang mengundang Menko PMK Puan Maharani.
Semarang-Rektor Undip Yos Johan Utama mengatakan majunya digitalisasi dan era revolusi industri 4.0 saat ini, membuat kebudayaan di setiap bangsa tercampur dengan budaya bangsa lain. Padahal, budaya memegang peranan penting dalam kehidupan manusia. Karena, apapun alat atau sistem yang dipakai ada seseorang sebagai pengendalinya. 

Menurutnya, manusia Indonesia yang berbudaya harus bisa menjaga dan memiliki kualitas serta sifat keluhuran sebagai bangsa Indonesia.

Oleh karena itu, jelas Yos Johan, Undip memandang perlunya mengingatkan kembali akan kebudayaan bangsa Indonesia. Sehingga, Menko Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani akan diundang sebagai pembicara di acara seminar nasional dengan tema "Manusia dan Politik Kebudayaan", Jumat (26/7) besok.

"Apapun istilahnya, hal-hal yang sifatnya material yang kita hadapi sekarang ini kunci utamanya adalah man behind the gun. Ya manusia itu yang berbudaya, memegang nilai-nilai Pancasila. Di Undip kita mewarisi sifat-sifat Diponegoro, yaitu jujur, adil, berani dan peduli. Semua spirit itu, bermuara pada nilai-nilai luhur Pancasila," kata Johan. 

Dekan Fakultas Ilmu Budaya Nurhayati menambahkan, seminar nasional yang digelar itu merupakan inisiasi dari para alumni FIB. Karena, tema yang diangkat saat ini relevan dengan kondisi kebudayaan manusia sekarang. Terlebih lagi, bangsa Indonesia usai menggelar pemilihan umum (Pemilu) 2019.

"Fakultas Ilmu Budaya sangat konsen dengan masalah kebudayaan manusia. Jadi, di era revolusi industri 4.0 ini, maka pembangunan manusia yang berbudaya dan berkarakter itu penting. Sehingga, manusia di Indonesia tidak terbawa arus yang tidak ada jalurnya," ucap Nurhayati. (K-08)

Posted by kilas9.com on Kamis, Juli 25, 2019. Filed under , , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 komentar for "Gelar Seminar Nasional Tentang Kebudayaan, Undip Undang Puan Maharani"

Leave a reply

Blog Archive

Recently Commented

Recently Added