|

MenPAN-RB Inginkan Inovasi Layanan Publik Untuk Kebahagiaan Masyarakat

Gubernur Ganjar Pranowo menerima penghargaan dari Menteri PAN-RB
Syafruddin atas inovasi layanan publik di Hotel Gumaya, Kamis (17/7).
Semarang-Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) memberikan penghargaan kepada sejumlah kementerian dan pemerintah daerah yang mampu mewujudkan inovasi layanan publik di Hotel Gumaya Semarang, Kamis (17/7) malam. Pemprov Jawa Tengah menjadi pemerintah daerah paling banyak mendapatkan penghargaan, yakni sebanyak 22 penghargaan.

MenPAN-RB Syafruddin mengatakan setiap tahun, pihaknya selalu menyelenggarakan Awarding Top 99 Inovasi Pelayanan Publik untuk memicu setiap lembaga pemerintahan di dalam negeri dalam membuat inovasi layanan publik. Tidak hanya inovasi berbasis teknologi, tapi juga inovasi yang mampu memudahkan masyarakat dalam memeroleh pelayanan publik.

Menurutnya, setiap kementerian dan lembaga pemerintahan lainnya hingga kabupaten/kota harus mampu menciptakan inovasi layanan publik yang pada akhirnya bisa memuaskan masyarakat.

Syafruddin menjelaskan, pada tahun ini ada 3.156 proposal yang masuk dan 1.627 proposal lolos seleksi administrasi. Setelah dilakukan penilaian dan evaluasi dari tim independen, terpilih 45 nominator dari hasil penilaian wawancara dan presentasi. 

"Suprise khususnya Jawa Tengah karena ini yang terbanyak tahun ini, ada 22 jumlahnya. Jadi, kita memilih Jawa Tengah untuk menjadi tuan rumah. Mudah-mudahan, ini bisa mengalir terus dari tahun ke tahun dan seluruh masyarakat bisa terlayani dengan baik. Sehingga, pada akhirnya mencapai kesejahteraan dan kebahagiaan. Jadi, bukan lagi kepuasan publik tolok ukurnya tapi kebahagiaan publik. Seluruh aparat dan pemerintah daerah tanpa terkecuali, bisa mewujudkan kebahagiaan publik," kata Syafruddin.

Lebih lanjut Syafruddin menjelaskan, pada masa mendatang diharapkan seluruh lembaga pemerintah dari kementerian hingga kabupaten/kota bisa menyelenggarakan inovasi layanan publik lebih baik lagi.

Gubernur Ganjar Pranowo mengaku senang, karena Jateng mampu meraih 22 penghargaan dan 11 kabupaten/kota juga turut memberikan sumbangan inovasi layanan publik.

Menurutnya, karena seiring dengan berkembangnya teknologi dan beragamnya keinginan masyarakat maka harus dipikirkan inovasi layanannya. Karena apabila terabaikan, maka masyarakat akan menaruh rasa tidak percaya kepada pemerintah.

"Satu tujuan dari pelayanan itu, yaitu puas. Karena kalau masyarakat puas, maka pemerintah berhasil," ucap Ganjar. (K-08)

Posted by kilas9.com on Jumat, Juli 19, 2019. Filed under , , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 komentar for "MenPAN-RB Inginkan Inovasi Layanan Publik Untuk Kebahagiaan Masyarakat"

Leave a reply

Blog Archive

Recently Commented

Recently Added