Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

BI Jateng Sosialisasikan Pembayaran Dengan QR Code

Kepala Kantor Perwakilan BI Jateng Soekowardojo (kanan) memberi
penjelasan soal sistem pembayaran menggunaan QR code.
Semarang-Majunya teknologi sekarang ini juga berimbas pada sistem pembayaran masyarakat modern, yaitu dengan kemunculan uang elektronik. Mulai dari yang dikeluarkan perbankan, atau dari perusahaan swasta berbasis online.

Namun, banyaknya uang elektronik yang sekarang ini berkembang di masyarakat harus bisa dikontrol dengan satu sistem pembayaran saja. Yakni, dengan berbasis pada kode virtual tertentu atau istilahnya QR code.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Tengah Soekowardojo mengatakan sistem pembayaran yang sebelumnya menggunakan uang kartal, sekarang sedikit demi sedikit mulai berkurang. Para pedagang ritel di pasar modern atau pasar tradisional, mulai melengkapi dengan pembayaran berbasis uang elektronik melalui QR code.

Soekowardojo menjelaskan, sebagai otoritas dari sistem pembayaran di dalam negeri, maka BI melakukan standarisasi adanya QR code. Yakni, dengan meluncurkan QR Indonesian Standard.

Menurutnya, QR code yang bisa menerima pembayaran dari berbagai macam aplikasi pembayaran elektronik di Indonesia akan memudahkan masyarakat sebagai konsumen atau produsen.

"Dengan nanti satu barcode saja itu, bisa dibayar beberapa uang elektronik atau provider. Jadi, tidak harus di merchant menyiapkan QR code dari berbagai macam. Cukup dengan satu saja QR code. Diharapkan sudah akan berlaku pada 1 Januari 2020. Dulu sebelum GPN berjalan itu, terlihat banyak EDC tergantung banknya," kata Soekowardojo di kantornya, Kamis (22/8).

Lebih lanjut Soekowardojo menjelaskan, keuntungan menggunakan sistem pembayaran elektronik berbasis QR code ini bisa dirasakan masyarakat. Misalnya baik pembeli maupun penjual, tidak perlu lagi menyiapkan uang kecil karena transaksinya pas.

"Selain itu, dengan pembayaran elektronik ini akan menghindarkan dari peredaran uang palsu. Sedangkan bagi BI sendiri, akan menguntungkan dari sistem perekonomian," jelasnya.

Soekowardojo menyatakan, dengan QR code ini juga akan meningkatkan budaya menabung bagi masyarakat. Karena, transaksi QR code menghubungkan dengan rekening masyarakat yang dimiliki. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar