|

Ibukota Negara Pindah, Zulhas: Sah-Sah Saja dan Wajar

Ketua MPR RI Zulkifli Hasan (dua dari kiri) saat berkunjung ke Unnes,
Senin (19/8).
Semarang-Ketua MPR RI Zulkifli Hasan mengatakan rencana pemindahan ibukota dari Jakarta ke Kalimantan, memang sudah mengerucut. Bahkan, pemerintah pusat juga mulai mengarah pada salah satu provinsi di Kalimantan.

Zulkifli menjelaskan, dirinya tidak memermasalahkan adanya pemindahan ibukota negara ke Kalimantan. Jika melihat ke sejumlah negara di dunia, sudah cukup banyak contoh yang bisa dijadikan rujukan. Bahkan, Brazil tercatat lima kali memindahkan ibukota negaranya.

Menurut Zulkifli, MPR RI sepakat dengan pemindahan ibukota negara asal tujuannya adalah pemerataan. Sehingga, bisa saja pemerintah Indonesia di masa mendatang akan memindahkan kembali ibukota negara jika memang diperlukan.

Namun demikian, lanjut Zulkifli, jika pemindahan ibukota untuk alasan efisiensi keuangan negara, maka cukup di Jakarta saja.

"Saya sederhana saja. Saya pernah baca itu Brazil pindah beberapa kali. Pindah beberapa kali ibukotanya. Ya engga papa kalau besok di Kalimantan, mungkin kalau sudah lama lagi pindah ke Jawa Timur atau ke Sumatera. Kan pemerataan, boleh saja begitu. Sekarang Kalimantan dulu. Brazil itu lima kali pindah ibukota. Gak soal, kan tujuannya pemerataan. Tapi kalau tujuannya efisiensi, ya Jakarta," kata Zulkifli saat di Unnes, Senin (19/8).

Lebih lanjut Zulkifli menjelaskan, rencana pemindahan ibukota negara dari Jakarta ke Kalimantan diserahkan sepenuhnya kepada pemerintah pusat. Dirinya juga tidak memermasalahkan, ibukota negara akan dipilih di mana saja. (K-08)

Posted by kilas9.com on Senin, Agustus 19, 2019. Filed under , , , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 komentar for "Ibukota Negara Pindah, Zulhas: Sah-Sah Saja dan Wajar"

Leave a reply

Blog Archive

Recently Commented

Recently Added