|

Pemprov Jateng Ingin Bangun MAJT Baru di Dekat Borobudur

Gubernur Ganjar Pranowo saat menghadiri acara keagamaan di Candi
Borobudur, beberapa waktu lalu.
Semarang-Sebagai warisan dunia, Candi Borobudur terus dipercantik diri untuk menarik wisatawan mancanegara datang berkunjung. Tidak hanya kawasan Candi Borobudur saja, tapi juga di sekitar wilayah Kabupaten Magelang.

Sekda Jawa Tengah Sri Puryono mengatakan pemprov berkolaborasi dengan pemerintah pusat, dalam upaya menggarap Candi Borobudur sebagai Bali baru di wilayah Jateng. Salah satunya, mengembangkan potensi selain Candi Borobudur.

Menurutnya, potensi lain yang akan dikembangkan adalah pemprov berencana membangun Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) baru selain di Kota Semarang.

Sri Puryono menjelaskan, pembangunan MAJT di sekitar Borobudur akan memantik minat wisatawan datang berkunjung. Terutama, wisatawan mancanegara dari negara-negara muslim. Sehingga, tidak hanya menikmati keindahan Candi Borobudur tapi juga bisa wisata budaya. 

"Mulai tahun ini kita akan membangun Masjid Agung Jawa Tengah yang terletak di Magelang. Di dekat Borobudur, biar orang tidak sensi berbicara Borobudur mau mem-Budha-kan orang Jawa Tengah atau Magelang. Bukan begitu, kita ambil budayanya," kata Sri Puryono, Kamis (1/8).

Lebih lanjut Sri Puryono menjelaskan, harapannya dengan pembangunan MAJT baru di sekitar Borobudur bisa menyedot banyak wisatawan setiap tahunnya. 

"Banyaknya wisatawan yang datang, akan memberikan banyak kontribusi pada pertumbuhan ekonomi. Candi Borobudur menjadi salah satu pilar, yang diharapkan bisa menyokong sektor pariwisata," jelasnya.

Pemprov Jateng, lanjut sekda, di dalam mengemas dan mengembangkan kawasan wisata Candi Borobudur menerapkan konsep pentahelic. Yakni, melibatkan akademisi, bisnis, komunitas dan media. (K-08)

Posted by kilas9.com on Kamis, Agustus 01, 2019. Filed under , , , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 komentar for "Pemprov Jateng Ingin Bangun MAJT Baru di Dekat Borobudur"

Leave a reply

Blog Archive

Recently Commented

Recently Added