Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Wisata Budaya Wilayah Pakudjembara Akan Terus Digenjot

Seorang perajin batik Lasem sedang menyelesaikan pembuatan kain
batik.
Semarang-Enam daerah yang ada di wilayah pantura timur Jawa Tengah dan dikenal sebagai wilayah Pakudjembara, akan coba ditingkatkan potensi wisata budayanya. Keenam daerah di wilayah Pakudjembara itu adalah Pati, Kudus, Demak, Jepara, Rembang dan Blora.

Kepala Seksi Pengembangan Pasar Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Jateng Tanti Apriani mengatakan Kabupaten Pati, Kudus dan Rembang selama ini menyimpan potensi wisata budaya yang menarik untuk ditampilkan sebagai daya tarik. Sehingga, wisatawan domestik atau mancanegara yang datang akan mendapatkan pengalaman dan pengetahuan baru tentang wisaya budaya.

Tanti menjelaskan, ketiga daerah itu memiliki wisata budaya dan religi yang setipe dan layak dikemas menjadi paket wisata menarik. Mulai dari wisata religi wali songo maupun wisata religi kelenteng tertua, hingga wisata budaya setempat.

Menurutnya, dengan pengelolaan potensi wisata budayanya yang baik akan mendatangkan banyak wisatawan ke wilayah tersebut. 

"Rembang, Pati dan Kudus itu, kita tingkatkan untuk yang segmen budaya. Sehingga, ketika wisatawan diajak menikmati budayanya langsung terkesan. Sebab, mereka memang tidak ada punya budaya yang sama. Mereka sangat tertarik sekali. Hal-hal seperti itu juga mengena pada kepeminatan. Saya berharap, mereka akan viralkan di blognya masing-masing dan minimal bercerita ke keluarganya," kata Tanti belum lama ini.

Tanti lebih lanjut menjelaskan, para pegiat wisata di daerah itu harus bisa mengemas paket wisata budaya yang menarik. Ide atau gagasan yang menarik untuk mengemas paket wisata budaya sangat diperlukan, guna mendongkrak jumlah kunjungan wisatawan.

"Kita beri dukungan ke mereka untuk mengemas paket kesenian atau budaya sekitar, yang perlu ditampilkan. Kita dorong mereka, karena ini segmennya sangat banyak peminat. Kalau menjual wisata alamnya, tentu akan kalah dengan daerah lain," jelasnya.

Tantri berharap, jumlah wisatawan domestik ataupun mancanegara ke wilayah pantura Jateng bisa terus meningkat dan dibarengi dengan inovasi paket wisata yang disajikan. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar