|

Kampung Jawi Ungkit Ekonomi Warga Kalialang Lama

Pasar Jaten salah satu keunikan yang ada di Kampung Jawi di daerah
Kalialang Lama, Gunungpati. Foto: ISTIMEWA
Semarang-Koordinator Kampung Jawi, Siswanto mengatakan kampungnya ditetapkan sebagai kampung tematik untuk mengangkat kembali budaya dan adat leluhur kepada generasi muda.

Kampung Jawi yang terletak di Kalialang Lama, Sukorejo, Kecamatan Gunungpati itu sekarang menjelma menjadi destinasi wisata.

Siswanto menjelaskan, untuk menarik banyak wisatawan, pihaknya menghadirkan beragam kuliner melalui angkringan pinggir kali. Belakangan, angkringan pinggir kali semakin ramai dikunjungi wisatawan dari luar Kota Semarang.

Menurutnya, dengan adanya angkringan pinggir kali di Kampung Jawi bisa mengangkat kesejahteraan masyarakat setempat.

"Alhamdulillah, kalau kita bicara terkait dengan Kampung Jawi atau kampung tematik Kota Semarang kita sebagai warga mendukung program dari bapak wali Kota Semarang. Tentunya, untuk bisa bertanggung jawab dalam hal kita mendapat tagline itu. Alhamdulillah sampai sekarang kita terus berinovasi dan berbenah, terkait dengan adanya Kalialang Lama yang ditetapkan sebagai kampung tematik. Kita mencoba menggali dari potensi warga, apa saja yang bisa kita dibuat dalam hal berkesenian dan lainnya," kata Siswanto, Rabu (25/9).

Lebih lanjut Siswanto menjelaskan, kini masyarakat sudah bisa merasakan dampak dari Kampung Jawi yang semakin dikenal wisatawan luar Kota Semarang. Setiap bulannya, perputaran uang yang ada di Kampung Jawi bisa mencapai ratusan juta rupiah.

"Kalau di hari biasa di luar week end, itu ada 170an wisatawan yang datang. Kalau pas week end dan berbarengan dengan event, jumlahnya bisa ratusan orang hingga ribuan," pungkasnya. (K-08)


Posted by kilas9.com on Rabu, September 25, 2019. Filed under , , , , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 komentar for "Kampung Jawi Ungkit Ekonomi Warga Kalialang Lama"

Leave a reply

Blog Archive

Recently Commented

Recently Added