Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Apem Yaqowiyyu Ajarkan Budaya Saling Berbagi

Warga berebut apem yaqowiyyu di Kecamatan Jatinom, Kabupaten Kla
ten peninggalan dari Kiai Ageng Gribig.
Semarang-Ribuan masyarakat berebut apem yaqowiyyu, yang merupakan peninggalan dari Kiai Ageng Gribig di Kecamatan Jatinom, Kabupaten Klaten, Jumat (18/10).

Ketua panitia sebar apem yaqowiyyu Ebta Tri Cahya mengatakan tradisi sebaran apem tahun ini, bertepatan dengan empat abad dari penyebaran apem Kiai Ageng Gribig pada waktu itu. 

Menurutnya, ada nilai-nilai filosofi yang terkandung di dalam sebaran apem yaqowiyyu.

Ebta menjelaskan, ada nilai silaturahim yang ditanamkan dari kegiatan tersebut dan ada nilai sedekah untuk mengajarkan kepada santri dan seluruh masyarakat saling berbagi. Karena, sebagai manusia wajib hukumnya untuk saling tolong menolong.

"Sejarah penyebaran apem itu sudah dimulai sejak tahun 1400an, diawali dari si Mbah Kiai Ageng Gribig saat menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci dan membawa tiga oleh-oleh berupa kue. Ketiga oleh-oleh kue tersebut, tentunya tidak bisa dibagi kepada semua santri waktu itu. Akhirnya, Mbah Kiai Ageng Gribig menyuruh istrinya untuk memperbanyak kue dari tanah Arab tersebut. Tapi, meskipun sudah diperbanyak seperti apapun belum bisa memenuhi semua santri yang hadir. Akhirnya para santri rebutan, dan kemudian kelak menjadi tradisi sebaran apem," kata Ebta.

Lebih lanjut Ebta menjelaskan, untuk tahun ini panitia sebar apem yaqowiyyu menyiapkan lebih kurang tujuh ton apem dan lebih banyak dibanding tahun sebelumnya yang hanya 5-6 ton. Kue tradisional itu berbahan dasar tepung beras, yang kemudian dimasak menjadi apem dan dibagikan kepada masyarakat lewat tradisi Saparan "Yaa Qowiyyu". (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar