Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Ganjar: Kongres Sampah Diharapkan Bisa Jawab Semua Persoalan Sampah

Ganjar Pranowo
Gubernur Jawa Tengah
Semarang-Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan kongres sampah yang diadakan di Kabupaten Semarang pada 12-13 Oktober 2019, melibatkan 1.500 orang dari seluruh provinsi di Indonesia. Meliputi aktivis sampah, pemerintah hingga akdemisi. 

Ganjar menjelaskan, kongres sampah yang baru kali pertama digelar di Indonesia itu akan menjadi ajang untuk memecahkan permasalahan sampah di sejumlah daerah. Terutama, sampah-sampah plastik yang menjadi persoalan utamanya.

Menurutnya, dengan potensi sampah yang dihasilkan per tahunnya itu harus ada upaya penyelesaiannya. Tidak hanya soal mengolah sampah, tapi juga pengurangan sampah plastik.

"Saya berharap, nanti akan ada keluaran dari kongres sampah. Perilaku harus berubah, perlu regulasi kalau kita terapkan progresif. Harus ada banyak rencana untuk sampah. Teknologi-teknologi sampah yang mestu ada kalau melihat karakter kita. Banyak yang organik dibuat pupuk. Untuk panitia kongres sampah, saya minta melakukan sistematisasi. Saya berharap, ada orang-orang yang di hulu berbicara dan tokoh agama serta budayawan ikut berbicara," kata Ganjar, Rabu (9/10).

Lebih lanjut Ganjar menjelaskan, kongres sampah nantinya bisa mengidentifikasi dan mengeluarkan keputusan terkait permasalahan sampah.

"Yuk kita buat konsensus building, membangun kesepakatan bersama bagaimana mengelola sampah. Yuk ngumpul kabeh, ngomongo. Semua yang punya pengalaman soal itu kita libatkan, termasuk pabrikan," jelasnya.

Diketahui, jumlah sampah yang ada di Jateng per tahunnya bisa mencapai 5,7 juta ton atau setara dengan 15.671 ton per harinya. Sedangkan secara nasional, total sampah yang dihasilkan mencapai 67 juta ton per tahun. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar