|

Ganjar: Santri Ditunggu Kiprahnya Ikut Bangun Daerah

Ribuan santri mengikuti upacara Hari Santri Nasional 2019 di Alun-alun
Rembang, Selasa (22/10). 
Semarang-Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan selama ini, pondok pesantren sudah mencetak santri dan menyiapkan santri berkualitas. Santri-santri yang disiapkan itu, juga harus mampu mengatasi persoalan di daerahnya masing-masing. Pernyataan itu dikatakannya pada peringatan Hari Santri Nasional di Alun-alun Kabupaten Rembang, Selasa (22/10).

Ganjar menjelaskan, para santri juga bisa ikut berkontribusi dalam pembangunan di lingkup kabupaten/kota, provinsi hingga nasional. Karena, sudah waktunya para santri bisa meningkatkan kemampuan untuk menjawab tantangan dan perkembangan zaman. 

Menurutnya, sudah seharusnya para santri berperan membantu pemerintah daerah setempat untuk membangun daerahnya. Sehingga, para santri diharapkan bisa berkontribusi menyelesaikan masalah sesuai dengan keilmuannya.

"Ada kado yang menarik di Hari Santri ini, adalah lahirnya Undang-Undang Pondok Pesantren. Sekarang pesantren punya akses terhadap kebijakan publik juga, termasuk anggaran. Bahkan, penyetaraannya sudah disamakan dengan sekolah umum. Tentu ini kado yang indah, buat para santri di Hari Santri kelima ini. Berikutnya, santri dihadapkan pada tantangan perubahan zaman yang luar biasa. Jadi, sekarang santri yang ngaji tapi sekaligus menyelesaikan persoalan. Perubahan apa? Perubahan informasi tantangan masa depan soal lingkungan dan bonus demografi dan lain-lain," kata Ganjar.

Lebih lanjut Ganjar menjelaskan, pada masa kemerdekaan banyak santri mengambil peran. Karena itu, tidak heran jika dalam perjalanan bangsa banyak kalangan santri mulai tampil sebagai pemimpin. Tidak hanya di tingkat pemerintahan, tapi juga di sejumlah perusahaan. (K-08)

Posted by kilas9.com on Selasa, Oktober 22, 2019. Filed under , , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 komentar for "Ganjar: Santri Ditunggu Kiprahnya Ikut Bangun Daerah"

Leave a reply

Blog Archive

Recently Commented

Recently Added