Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Ganjar: Sukseskan Indonesia Bebas Pasung, Masyarakat Harus Diedukasi

Ganjar Pranowo
Gubernur Jawa Tengah
Semarang-Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan untuk mewujudkan Indonesia bebas pasung, maka perlu adanya edukasi yang masif kepada keluarga pasien dengan gangguan jiwa. Sehingga, jika ada anggota keluarga yang mengalami gangguan kejiwaan tidak dilakukan pasung.

Menurutnya, masyarakat yang masih melakukan pasung terhadap pasien gangguan jiwa itu dilatarbelakangi sejumlah alasan. Salah satu di antaranya adalah faktor keamanan.

Oleh karena itu, dukungan dari masyarakat sangat dibutuhkan untuk mencapai program Indonesia bebas pasung pada tahun ini. Bahkan, dukungan keluarga pasien juga sangat dibutuhkan untuk mencapai penyembuhan dan mencegah kekambuhan.

"Mencegah melalui edukasi di keluarga, dan berikutnya kita senang kalau masyarakat bisa melaporkan. Sehingga, bisa kita tangani. Inovasi-inovasi yang dilakukan beberapa rumah sakit sudah berjalan, dan kemarin menjadi salah satu pemenang. Rumah sakit jiwa yang ada di Solo itu bicara tidak hanya sekadar pasung, tapi orang-orang yang punya potensi pasung ditangani dengan manusiawi. Maka kalau mau bebas pasung, masyarakat diedukasi untuk melaporkan biar kita tangani," kata Ganjar, Kamis (10/10).

Lebih lanjut Ganjar menjelaskan, masyarakat juga harus disosialisasi bagaimana cara merawat pasien gangguan jiwa setelah pasung dilepas. Karena, jika keluarga pasien gangguan jiwa tidak mendapat pemahaman akan berakibat pada upaya penyembuhan setelah pasung dilepas tidak optimal.

"Makanya, silakan lapor ke pemerintah biar ditangani dengan baik dan manusiawi. Ini sangat penting," pungkasnya. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar