Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Mentan: Nilai Ekspor Pertanian Jateng Capai Rp2,51 Triliun

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bersama Mentan Andi Amran
melepas produk pertanian asal Jateng yang akan diekspor, kemarin.
Semarang-Ekspor produk pertanian Jawa Tengah yang cukup baik, mendapat apresiasi dari Kementerian Pertanian. Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengatakan capaian ekspor yang didapat Pemprov Jateng, karena sekarang orientasi pertaniannya sudah kedaulatan pangan.

Sampai dengan akhir September 2019, jelas Andi Amran, total nilai ekspor Jateng mencapai Rp2,51 triliun. Komoditas kedelai dan edamame serta kacang-kacangan dan kapulaga, mampu diterima pasar dunia. Bahkan, komoditas ekspor dari Jateng bertambah dengan kacang hijau dan daun pakis.

"Karena di Jawa Tengah ini tidak lagi membahas tentang swasembada, tapi membahas kedaulatan pangan yang berorientasi ekspor. Hari ini kita ekspor Rp2,5 triliun," kata Andi Amran di sela melepas ekspor hasil pertanian di Balai Karantina Kelas I Semarang, Minggu (29/9).

Gubernur Ganjar Pranowo menambahkan, dari Januari-Agustus 2019 total nilai ekspor Jateng mencapai US$5,82 juta dan US$4,82 juta di antaranya ekspor nonmigas. Dengan tingginya nilai ekspor pertanian, diharapkan bisa mendongkrak neraca dagang. 

"Kita sudah punya daerah potensi ekspor beserta negara tujuannya. Dengan cara itu, sebenarnya kita tidak bisa membayang-bayangkan lagi. Tugas pemerintah mendampingi, sehingga neraca ekspor kita lebih baik. Itu yang diminta Pak Jokowi," ujar Ganjar. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar